Don't Show Again Yes, I would!

Soal dan Pembahasan Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 88 89, Babakan Zaman Berdasarkan Arkeologis

Halo sobat duniamu.id kali ini kita akan membahas kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 88 89 untuk belajar mengenai Tema 2 Keberagaman Lingkungan Sekitar.

Bagi adik-adik kelas 7 pembahasan yang akan disajikan bertujuan agar dapat dijadikan bahan belajar dan evaluasi. Soal dan pembahasan IPS kelas 7 halaman 88 89 ini berdasarkan buku paket Ilmu Pengetahuan Sosial Kurikulum Merdeka dari Kemdikbud.

Kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 88 89 berikut ini menyajikan alternatif jawaban, sehingga masih dapat dikembalikan lagi. Semua kebenaran jawaban tergantung pada guru masing-masing.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 88 89

Sebelum menyimak kunci jawaban IPS kelas 7 halaman 88 89, jangan lupa adik-adik untuk membaca kembali materi yang ada pada buku paket Bab 2.

Pembahasan yang disajikan merupakan alternatif jawaban yang masih dapat adik-adik kembangkan lagi.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 88

Pembahasan ini akan kita akan belajar tentang babakan zaman berdasarkan arkeologis. Pembabakan ditinjau dari segi arkeologi dapat dilihat dari sisa sisa peninggalan atau jejak masa lalu. Terdapat beberapa zaman berdasarkan arkeologis yakni zaman Paleolithikum, Mesolithikum, Neolithikum, dan Logam.

Lembar Aktivitas 9, Aktivitas Kelompok

Buatlah kelompok yang terdiri 5-6 orang! Isilah kolom berikut dengan tepat dengan teman sekelompok kalian.

No 1. Babakan zaman berdasarkan Arkeologis: Paleolithikum

Temuan Peninggalan Benda: a) Kapak genggam, b) Kapak perimbas

Penjelasan Bentuk Benda:

a) Kapak genggam: terbuat dari batu, berbentuk seperti kapak yang ujungnya runcing, masih kasar dan tidak memiliki tangkai.

b) Kapak perimbas: terbuat dari batu, menyerupai bentuk kapak genggam, ukuranya lebih besar dari kapak genggam, ujungnya cembung dan lurus, tidak memiliki tangkai. Bagian yang tajam hanya di satu sisi.

No 2. Babakan zaman berdasarkan Arkeologis: Mesolithikum

Temuan Peninggalan Benda: a) Kjokkenmoddinger, b)Abris Sous Roche, c) Batu pipisan, d) kapak pendek.

Penjelasan Bentuk Benda:

a) Kjokkenmoddinger: berupa tumpukan atau timbunan fosil kulit kerang dan siput yang tinggi hingga 7 meter, peninggalan ini merupakan sampah dapur dari manusia pra aksara.

b) Abris sous roche: berupa gua manusia pra aksara tinggal yang menyerupai ceruk batu karang.

c) Pipisan: berupa batu penggiling dengan landasannya, digunakan sebagai penggiling makanan atau untuk menghaluskan cat merah dari tanah merah.

d) Kapak pendek: bentuk pendek, untuk memotong buah, biji-bijian atau daging.

No 3. Babakan zaman berdasarkan Arkeologis: Neolithikum

Temuan Peninggalan Benda: a) waruga, b) sarkofagus, c) menhir, d) punden berundak, e) kapak persegi, f) gerabah

Penjelasan Bentuk Benda:

a) Waruga: berbentuk kuburan kuno terdiri dari dua batu berbentuk segitiga atau kotak.

b) Sarkofagus: berbentuk wardah dan memiliki tutup benjolan pada ujungnya sebagai kubur batu,

c) Menhir: berupa tugu atau tiang yang terbuat dari batu.

d) Punden berundak: berupa bangunan punden berundak sebagai tempat pemujaan arwah nenek moyang.

e) Kapak persegi: berbentuk memanjang seperti persegi panjang atau trapesium, terdapat berbagai ukuran.

f) Gerabah: alat gerabah untuk menyimpan makanan.

No 4. Babakan zaman berdasarkan Arkeologis: Logam

Temuan Peninggalan Benda: a) Nekara, b) Arca perunggu, candrasa, d) bejana, e) kapak corong.

Penjelasan Bentuk Benda:

a) Nekara: terbuat dari perunggu, berbentuk ramping, terdapat pegangan di sekeliling bahu, ada hiasan, berpinggang di bagian tengah dan atapnya tertutup.

b) Arca perunggu: berupa patung yang memiliki bentuk beraneka ragam, ada bentuk hewan atau manusia, bentuknya kecil dilengkapi cincin pada bagian atasnya.

c) Candrasa: berbentuk pendek dan melebar pada pangkalnya, pada bagian mata kapak tiis , berbentuk seperti senjata digunakan untuk keperluan upacara.

d) Kapak corong: memiliki penampang lonjong dan kapak nya berbentuk lebar, di tangkainya berbentuk cekung dan ada yang lurus, panjang tangkainya cekung, bagian tajamnya berbentuk cembung.

Kunci Jawaban IPS Kelas 7 Halaman 89

Lembar Aktivitas 10, Aktivitas Individu

Bagaimana cara manusia berburu pada masa berburu dan mengumpulkan makanan?

Alternatif Jawaban:

Pada masa ini manusia hidup tidak menetap sehingga tinggal nomaden berpindah-pindah tempat. Mereka mencari makan dengan berburu hewan dengan menggunakan alat terbuat dari batu dan masih kasar, atau menggunakan tulang dan kayu. Manusia masih sangat mengandalkan lingkungan sebagai penyedia makanan. Sehingga jika lingkungan sudah tidak ada makanan mereka berpindah tempat untuk mencari makanan.

Bagaimana pembagian kerja antar laki-laki dan wanita pada manusia berburu dan mengumpulkan makanan?

Alternatif Jawaban:

Pada masa ini manusia membagi tugas untuk laki-laki bertugas berburu menggunakan alat sederhana, sedangkan perempuan bertugas mengumpulkan makanan yang tidak membutuhkan banyak tenaga seperti buhah-buahan, daun-daun, kering dan umbi-umbian.

Demikian soal dan pembahasan IPS kelas 7 halaman 88 89, tentang zaman praaksara pembabakan dan benda-benda temuan serta ciri-cirinya. Serta kehidupan manusia saat masa mengumpulkan makan dan bagaimana pembagian kerja antara laki-laki dan perempuan saat masa berburu dan mengumpulkan makanan.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *