Don't Show Again Yes, I would!

Strategi Gaya Belajar Auditori Beserta Pengertian dan Karateristiknya

Bagaimana strategi yang tepat untuk diterapkan pada anak atau siswa yang memiliki gaya belajar auditori?.

Tahukah Anda bahwa setiap anak atau siswa mempunyai gaya belajar yang berbeda, ada anak yang dapat lebih memahami pelajaran dengan cara melihat sebuah video atau ada yang lebih suka saat mendengar penjelasan guru.

Nah, salah satu tipe belajar anak yang sering ditemukan adalah gaya belajar auditori. Untuk dapat memahami pelajaran dengan lebih baik maka terdapat beberapa strategi belajar yang dapat diterapkan pada anak dengan gaya belajar ini.

Apa itu gaya belajar auditori?

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai strategi gaya belajar auditori yang tepat untuk diterapkan, Anda perlu mengetahui dahulu apa sih yang dimaksud dengan gaya belajar auditori ini.

Gaya belajar auditori adalah ketika seorang anak atau siswa lebih mengandalkan kemampuan pendengaran untuk menangkap informasi. Siswa dapat dengan mudah atau lebih mudah mempelajari suatu materi dengan cara mendengarkan. Siswa dengan gaya belajar ini lebih suka untuk mendengarkan penjelasan guru daripada harus membaca atau praktek.

Siswa dengan kemampuan perlu strategi gaya belajar auditori yang tepat, agar dapat memahami materi pelajaran dengan baik. siswa dengan gaya belajar ini biasanya lebih menyukai musik daripada teks. Mereka akan merasa lebih mudah menyerap informasi jika informasi tersebut didengarkan.

Karakteristik siswa dengan gaya belajar auditori

Bagaimana kita tahu siswa atau anak-anak memiliki gaya belajar auditori? Caranya mudah Bapak/Ibu dapat langsung mengamati kegiatan anak khususnya saat belajar dengan memperhatikan ciri-ciri yang dimiliki pada pemilik gaya belajar ini.

Beberapa anak atau siswa yang memiliki gaya belajar auditori ini umumnya memiliki karakteristik sebagai berikut.

Memiliki kemampuan berbicara di depan umum

Mereka yang memiliki gaya belajar auditori akan lebih aktif berbicara. Sehingga biasanya untuk mengisi kesunyian mereka kaan bersenandung, menyanyi atau mendengarkan musik.

Mempunyai memori yang baik pada informasi yang diucapkan

Siswa dengan gaya belajar ini mereka paling baik mendengarkan sebuah informasi dan lebih lama mengingatnya.

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

Anak-anak dengan gaya belajar auditori cenderung suka berbicara dan mendengarkan sehingga kemampuan  berkomunikasi yang lebih baik.

Suka menikmati musik

Salah satu hal yang menandakan siswa atau anak belajar dengan gaya auditori adalah mereka suka mendengarkan musik, suka dibacakan buku daripada membaca, saat belajar mereka juga lebih fokus dengan mendengarkan beberapa lagu.

Membaca dengan keras atau berbisik

Siswa dengan gaya belajar auditori lebih suka mendengarkan penjelasan guru, atau kegiatan diskusi. Saat mereka membaca biasanya mereka akan membaca dengan keras agar dapat menyimpan informasi, atau dengan berbisik.

Tidak suka dengan keheningan dan kebisingan

Siswa dengan gaya belajar ini akan lebih suka berdiskusi dengan teman, bertanya atau menjawab daripada proses pembelajaran atau belajar yang hening. Selain itu, pemilik gaya belajar auditori bukan lah yang menyukai kebisingan karena mereka sangat peka terhadap suara. Jadi suasana yang kondusif juga penting bukan suara berisik yang justru dapat menghambat penyampaian informasi yang didengarkan.

Strategi untuk pemilik gaya belajar auditori

Terdapat beberapa strategi khusus yang dapat diterapkan oleh pemilik gaya belajar auditori. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Menggunakan recorder

Bagi pemilik gaya belajar auditori yang lebih suka mendengarkan, merekam penjelasan yang disampaikan, untuk kemudian diputar berulang-ulang sebagai bahan belajar adalah salah satu strategi yang cocok.

Memainkan musik selama waktu hening

Untuk meredam keheningan dan bahkan meredam kebisingan saat belajar dapat dilakukan dengan memainkan musik yang lembut. Bagi siswa dengan gaya belajar auditori ini akan meningkatkan fokus saat belajar.

Membaca dengan keras

Mengingat pemilik gaya belajar auditori menangkap informasi dengan mendengarkan, maka sata kegiatan belajar dengan membaca dapat dilakukan dengan keras. Sehingga saat membaca sekaligus menyimpan informasi yang dibaca.

Banyak mengajukan pertanyaan

Untuk siswa dengan gaya belajar auditori dorong terus untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan, sehingga mereka terlibat dalam kegiatan belajar. Dengan mengajukan pertanyaan mereka akan lebih memahami dan mengingat materi yang telah diucapkan dan didengarkan.

Membuat kelompok belajar untuk berdiskusi

Dengan membuat sebuah kelompok belajar, siswa akan mendengarkan penjelasan dan diskusi antar teman satu kelompok. Hal tersebut dapat membantu siswa yang memiliki gaya belajar auditori untuk lebih mudah menyerap informasi.

Menggunakan berbagai media pembelajaran

Dengan perkembangan zaman yang semakin canggih dan hadirnya banyak teknologi dan informasi. Banyak sekali media dan platform pembelajaran yang dapat dimanfaatkan untuk siswa. Seperti podcast, radio dan lain sebagainya hal ini dapat dimanfaatkan untuk sumber belajar memiliki gaya belajar auditori.

Kesimpulan

Gaya belajar auditori adalah strategi belajar untuk siswa yang dapat menerima informasi dengan baik lewat indera pendengaran.

Siswa yang memiliki gaya belajar auditori dapat dilihat dari karakteristik utama yaitu dapat menyerap informasi lebih mudah dengan mendengarkan. Kemudian karakteristik lainya seperti memiliki kemampuan berbicara, komunikasi, dan diskusi yang baik. Selain itu karakteristik lainya adalah suka mendengarkan lagu, tidak suka keheningan dan kebisingan, membaca dengan keras atau berbisik.

Strategi gaya belajar auditori yang tepat dan dapat dengan mudah diterapkan beberapa diantaranya adalah: menggunakan recorder, memainkan musik, membaca dengan keras, aktif berdiskusi dan berkelompok, banyak mengajukan pertanyaan dan belajar dengan platform yang tepat dan dan dapat didengarkan.

Itulah strategi gaya belajar auditori yang mungkin akan membantu siswa lebih giat belajar, dan membantu Bapak/Ibu guru memperhatikan gaya belajar anak didiknya. Tentunya setia gaya belajar juga dipengaruhi akan beberapa hal tidak hanya seperti keterangan yang tertulis dalam artikel kali ini.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *