Don't Show Again Yes, I would!

Struktur Artikel, Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, dan Sistematika

Bagi kamu yang memiliki hobi membaca pasti sudah tidak asing lagi dengan artikel. Namun, tahukah kamu bagaimana menulis artikel yang benar?.

Menulis sebuah artikel harus sesuai dengan struktur dan kaidah-kaidahnya, supaya  menjadi bacaan yang mudah dimengerti oleh pembaca.

Untuk mengetahui struktur, pengertian, tujuan dan ciri-ciri artikel simak ulasan berikut ini.

Pengertian Artikel 

Apa itu artikel? Pengertian artikel adalah sebuah karangan baik opini atau fakta yang dipublikasikan di sebuah media online atau offline.

Tidak hanya di media online atau cetak, kini kita dapat menemukan artikel di media sosial. Karena memang salah satu fungsi dari jenis karangan ini adalah untuk menyampaikan suatu gagasan.

Berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) artikel adalah suatu karya tulis yang ditulis secara lengkap.

Kemudian menurut Rillan E Wolseley, artikel adalah suatu karangan tertulis yang panjangnya tidak ditentukan dengan tujuan untuk menyampaikan sebuah gagasan serta fakta dengan tujuan mendidik, menghibur,, dan meyakinkan pembaca.

Sedangkan menurut Sumadiria, artikel adalah suatu karya tulis lepas yang isinya adalah opini seseorang yang sudah mengetahui secara jauh mengenai masalah dan objek an sifatnya aktual dengan tujuan untuk memberitahukan, menghibur, mempengaruhi, dan meyakinkan pembaca.

Tujuan Artikel

Setiap karya tulis pasti memiliki tujuan, begitu juga dengan sebuah artikel. Terdapat beberapa tujuan dalam sebuah pembuatan artikel, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Untuk sarana penyampaian gagasan penulis,
  • Sarana publikasi hasil pemikiran secara ilmiah,
  • Untuk membahas sebuah pokok permasalahan yang sudah ditentukan oleh penulis,
  • Untuk menjelaskan suatu masalah dalam bidang tertentu,
  • Sarana berpikir sistematis bagi penulis,
  • Untuk memberikan pengetahuan dan informasi bagi pembaca,
  • Untuk sarana edukasi,
  • Sebagai sarana hiburan bagi pembaca.

Ciri-ciri Artikel

Seperti halnya karya tulis lainnya, sebuah karangan dapat dikatakan sebagai artikel dapat dilihat dari ciri-cirinya.

Ciri-ciri ini perlu diperhatikan jika kamu ingin menulis sebuah artikel. Dengan memperhatikan ciri-ciri dengan benar, kamu akan dapat menulis artikel yang baik dan benar.

Berikut ini adalah ciri-ciri artikel.

Tulisan berdasarkan fakta

Tulisan dalam sebuah artikel di dasar dengan kejadian nyata dan bukan rekayasa menulis atau mitos saja. Fakta adalah kejadian atau peristiwa yang benar-benar terjadi.

Faktual dan informatif

Artikel harus bersifat faktual artinya sesuai atau didasari oleh kenyataan bukan hasil khayalan. Sedangkan informatif artinya artikel harus dapat memberikan informasi terkait sesuatu. Memberikan informasi yang sesuai dengan penelitian atau data yang ada.

Ditulis secara padat, singkat dan jelas

Penulisan artikel harus padat, singkat, dan jelas, tidak boleh ditulis secara bertele-tele karena akan membuat pembaca menjadi bosan dan enggan meneruskan membaca.

Ditulis secara sitematis

Artikel ditulis secara sistematis, sehingga dapat dibaca dengan mudah dan dimengerti.

Mengandung opini yang subjektif

Penulisan artikel dapat menjabarkan opini atau gagasan, tetapi harus ditulis secara subjektif dan berdasarkan fakta dan data penelitian yang ada.

Kaidah Kebahasaan

Teks artikel disusun berdasarkan kaidah kebahasaan yang terdiri dari adverbia, konjungsi, dan kosakata.

Adverbia

Adverbia merupakan kata yang fungsinya adalah untuk menerangkan kata lain dalam artikel. Tujuan penggunaan adalah untuk menegaskan sebuah kalimat. Contoh kata adverbia adalah sering, kadang-kadang, jarang, tinggi, mudah, dan lain sebagainya.

Konjungsi

Kata hubung atau konjungsi digunakan untuk menghubungkan kata atau kalimat sehingga menjadi sebuah tulisan yang dapat dimengerti oleh pembaca. Beberapa k0njungsi yang dapat digunakan seperti.

  • Konjungsi kausalitas, untuk menghubungkan sebab akibat, seperti kalau, oleh karena itu, demikian, jika.
  • Konjungsi urutan, untuk memberikan urutan waktu atau kejadian, seperti pertama, selanjutnya, setelah itu, lalu.
  • Konjungsi memperkuat argumen, digunakan untuk mempertegas maksud dan menjelaskan argumen, seperti: contohnya, misalnya, padahal dan justru.

Kosakata

Perbendaharaan kata dalam artikel harus dipilih yang menarik dan mudah dimengerti pembaca. Kosakata dalam artikel harus dapat meyakinkan pembaca menerima gagasan, ide atau informasi yang jelaskan dalam isinya.

Sistematika Penulisan Artikel 

Menulis artikel dapat dilakukan dengan memperhatikan sistematika penulisannya. Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menulis sebuah artikel.

Berikut ini adalah sistematika penulisan artikel yang baik dan benar.

Judul, ditulis maksimal 14 kata dan minimal 10 kata. Judul ditulis harus menggambarkan isi dan tema yang sesuai dengan apa yang menjadi pokok pembahasan artikel.

Nama penulis, harus ditulis tanpa menuliskan gelar penulis atau status kebangsawanan. Sedangkan lembaga penulis ditulis dalam catatan kaki seperti email, alamat kantor, atau alamat rumah.

Abstrak, disusun dalam satu paragraf pertama yang diisi dengan latar belakang, tujuan, metode atau manfaat pokok bahasan yang ditulis dalam isi artikel, maksimal disusun dalam 100 kata.

Kata kunci, adalah kata penting yang ada pada artikel biasanya ada dalam setiap paragraf, kata kunci digunakan untuk mempertegas bahasa dalam artikel.

Pembahasan, berisi tentang isi artikel terdiri dari subjudul yang berisi bahasan, disusun sekitar 70 persen dalam semua tulisan.

Penutup, berisi saran dan kesimpulan disusun sekitar 10 persen dari seluruh tulisan.

Demikian adalah pengertian, tujuan, ciri, kaidah kebahasaan dan sistematika penulisan artikel.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *