Don't Show Again Yes, I would!

Teks Deskripsi: Pengertian, Struktur, Ciri-ciri dan Jenisnya

Bagaimana cara membuat teks deskripsi? Salah satu jenis teks yang banyak digunakan dalam berbagai tulisan adalah teks deskripsi.

Seperti halnya jenis teks lainnya, teks deskripsi memiliki ciri-ciri dan karakteristik sendiri yang membedakan dengan jenis tulisan lainnya.

Untuk membuat sebuah teks deskripsi maka kalian harus mengetahui terlebih dahulu seputar pengertian, struktur, ciri-ciri dan jenisnya.

Jika ingin mengenal dan memahami lebih lanjut tentang teks deskripsi, ayo simak ulasan berikut ini.

Pengertian Teks Deskripsi

Pernahkah kamu membaca sebuah bacaan yang didalamnya menjelaskan secara rinci tentang sebuah peristiwa, atau benda? Jika pernah maka kemungkinan kamu telah membaca jenis teks deskripsi

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia deskripsi mengandung arti pemaparan atau penggambaran dengan kata-kata yang jelas dan terperinci. jadi teks deskripsi adalah sebuah teks yang isinya menggambarkan sebuah hal seperti tempat, peristiwa, makhluk hidup atau tak hidup dan lain sebagainya secara rinci.

Objek dalam teks deskripsi digambarkan dan jelaskan secara terperinci, Sehingga saat membacanya seolah-olah kita dapat merasakan sendiri benda atau kejadian yang digambarkan tersebut.

Pengertian teks deskripsi menurut Henry Guntur Tarigan adalah sebuah tulisan yang dapat menggambarkan sebuah peristiwa atau cerita yang bertujuan untuk mengajak pembaca supaya dapat memahami, merasakan dan menikmati isi tulisannya.

Menurut Gorys Keraf deskripsi merupakan sebuah tulisan yang digunakan untuk menyampaikan hal atau objek dengan tujuan agar pembaca dapat seolah-olah merasakan dan melihat sendiri objek tersebut.

Dari beberapa pengertian diatas maka dapat diketahui bahwa teks deskripsi memiliki tujuan untuk menggambarkan sebuah objek yang dapat diamati panca indra manusia secara rinci, sehingga pembaca seperti dapat merasakan secara langsung apa yang ditulis oleh penulis lewat teks tersebut.

Oleh karena itu, jika ingin membuat sebuah teks deskripsi harus benar-benar memahami objek yang sedang digambarkan, supaya saat membuat teks deskripsi dapat menciptakan khayalan bagi pembaca untuk dapat merasakan objek tersebut meski tidak melihat secara langsung.

Struktur Teks Deskripsi

Untuk membuat sebuah teks deskripsi, maka harus sesuai dengan strukturnya. Semua jenis teks memiliki struktur yang berbeda sehingga dapat dibedakan.

Berikut ini adalah struktur teks deskripsi.

Judul

Judul teks deskripsi harus dibuat dengan menarik supaya memancing keinginan untuk membaca teks tersebut. Judul harus memiliki daya tarik supaya pembaca tertarik untuk membaca karya tersebut. Pembuatan judul setidaknya mengandung tiga aspek penting  yaitu relevan, proaktif atau menarik dan singkat.

Identifikasi

Bagian selanjutnya adalah bagian awal dari sebuah teks deskripsi, umumnya isinya merupakan pengenalan dari sebuah objek, seperti nama, lokasi, sejarah atau gambaran umumnya.

Klasifikasi

Selanjutnya adalah klasifikasi objek yang ditulis dengan kalimat secara urut dan sistematis sehingga memudahkan pembaca menangkap apa yang dimaksud. 

Deskripsi

Struktur selanjutnya adalah inti dari teks deskripsi yang menggambarkan objek secara terperinci dari sudut pandang penulis mengenai suatu objek yang dibahas. objek digambarkan dengan detail mencakup hal seperti ciri-ciri dan karakteristiknya. Penulis harus dapat menggambarkan objek yang dilihat, dirasakan, dan didengarkan dengan rinci.

Kesimpulan

Bagian terakhir adalah kesimpulan yang berisi hal-hal penting dari tulisan yang telah dijelaskan selain itu, bagian ini juga berisi saran dan penegasan kembali hal-hal yang menjadi pokok bacaan.

Ciri-ciri Teks Deskripsi

Selain struktur, teks deskripsi juga memiliki ciri khas tersendiri yang dapat dilihat dari isi teksnya. Untuk membuat dan mengenali sebuah teks deskripsi maka memahami ciri-cirinya merupakan hal yang perlu dilakukan.

Lalu apa saja ciri-ciri teks deskripsi? berikut ini adalah ciri-cirinya.

  • Isinya menggambarkan sebuah objek seperti benda, peristiwa atau suasana, dan lain sebagainya.
  • Penjelasan objek yang digambarkan melibatkan seluruh panca indra
  • Membuat pembaca seolah-olah merasakan langsung dan mendapatkan gambaran fisik secara langsung tentang hal digambarkan dalam teks deskripsi
  • Memaparkan tentang ciri-ciri dan sifat suatu objek dengan jelas dan terperinci
  • Menggunakan kalimat dengan banyak kata sifat yang lebih spesifik untuk memberikan penggambaran kuantitas, kualitas atau urutan
  • Biasanya bersifat subjektif karena hadir dai pandangan penulis itu sendiri
  • Terdapat banyak kata keterangan seperti keterangan tempat, waktu, alat, atau cara nya dll
  • Menggunakan frasa kata benda seperti Bu Ida adalah seorang guru yang sabar
  • Menggunakan kata kerja transitif untuk menggambarkan suatu objek
  • Biasanya terdapat bahasa kiasan atau metafora seperti kulitnya putih seputih salju, dll.

Jenis Teks Deskripsi

Teks deskripsi dibedakan menjadi beberapa jenis, yang dilihat dari beberapa hal.

Teks deskripsi berdasarkan isi teksnya

  • Teks deskripsi spatial, yakni teks yang hanya menggambarkan objek terkait tempat, ruangan atau suatu benda
  • Teks deskripsi subjektif, teks yang menggambarkan objek berdasarkan kesan yang dimiliki oleh penulisnya sendiri
  • Teks deskripsi imajinatif , yakni teks yang isinya mengenai penggambaran suatu tempat atau kejadian dilihat dari berbagai segi sehingga tergambar dengan jelas oleh pembaca dan pembaca dapat merasakannya sendiri
  • Teks deskripsi objektif, yakni teks yang isinya penggambaran suatu objek sesuai dengan keadaan yang sebenarnya, ditulis tanpa mengandung opini dari penulis
  • Deskripsi faktual, yakni teks yang isinya menggambarkan sebuah objek atau peristiwa sesuai dengan keadaan yang sebenar-benarnya

Teks Deskripsi berdasarkan tujuan pembuatan

  • Teks deskripsi eksplanatori, yakni teks yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang sebuah hal secara umum yang sudah sering ditemui pembaca seperti penjelasan objek tempat atau keadaan tertentu
  • Teks deskripsi sugestif, merupakan teks yang tujuannya supaya pembaca dapat menciptakan imajinasinya tentang objek, tempat atau keadaan yang ditulis dalam teks deskripsi tersebut.

Teks Deskripsi berdasarkan bentuknya

  1. Teks deskripsi yang berdiri sendiri, artinya teks deskripsi ini satu kesatuan tidak tercampur dengan teks lain
  2. Teks deskripsi bagian dari teks lain, artinya bahwa teks deskripsi telah tergabung atau tercampur dengan teks lainya, seperti pada teks iklan, teks berita, novel dan lain sebagainya.

Demikian adalah pengertian, struktur, ciri-ciri dan jenis teks deskripsi.

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *