Don't Show Again Yes, I would!

Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Tujuan, Ciri-ciri, Struktur dan Kebahasan

Pernahkah sobat duniamu.id membaca teks laporan hasil observasi? Dengan membaca jenis teks ini pembaca akan mendapatkan pengetahuan dan informasi berdasarkan hasil pengamatan.

Membuat teks laporan hasil observasi harus sesuai dengan struktur serta kaidah kebahasaannya.

Untuk dapat membuat teks laporan hasil observasi yang baik dan benar, ayo simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Teks Laporan Hasil Observasi

Apa sebenarnya teks laporan hasil observasi itu? Teks ini adalah teks dari hasil pengamatan yang telah dilakukan.

Teks laporan hasil observasi merupakan teks yang isinya berupa penjelasan umum berupa laporan umum yang berdasarkan hasil pengamatan.

Jenis teks ini akan membuat penjabaran serta penjelasan umum mengenai sebuah topik yang diperoleh dari hasil pengamatan dalam rentang waktu tertentu.

Sehingga, isi jenis teks ini harus bersifat objektif, komunikatif dan informatif yang sesuai dengan fakta-fakta hasil observasi.

Pengertian teks laporan hasil observasi, juga dijelaskan oleh beberapa ahli berikut ini.

Sugiyono, menjelaskan bahwa teks hasil laporan observasi merupakan catatan atau tulisan yang berisi tentan seluruh proses penelitian mengamati situasi atau kondisi.

Kasih, menjelaskan bahwa teks laporan hasil observasi  merupakan sebuah teks yang menyuguhkan informasi yang isinya membahas hasil analisis yang dilihat dalam soedutpandang keilmuan.

Nawawi dan Martini

Teks hasil observasi merupakan jenis teks atau tulisan yang berisi hasil dari kegiatan mengamati serta pencatatan secara urut.

Margono

Teks hasil observasi merupakan pencatatan secara sistematis mengenai gejala yang tampak pada pengamatan yang diteliti. Pencatatan terserlah yang kemudian disebut dengan teks hasil observasi.

Tujuan Teks Laporan Hasil Observasi

Sebuah teks laporan hasil observasi dibuat dengan beberapa tujuan diantaranya adalah sebagai berikut.

Pengambilan Keputusan

Untuk mengambil keputusan yang lebih efektif. Hasil observasi dibarengi juga dengan sara pengumpulan data, dimana data tersebut sangat penting dalam pengambilan keputusan, yang lebih efektif dan minim resiko.

Untuk mengatasi suatu persoalan

Beberapa teks hasil laporan bertujuan supaya dapat mengatasi sebuah permasalahan. Beberapa persoalan membutuhkan data dan informasi sebagai bagian dari penyelesaian, dimana informasi tersebut dapat didapatkan melalui teks laporan hasil observasi.

Menemukan teknis tertentu

Dengan pengamatan yang dilakukan maka akan menghasilkan sebuah informasi yang hasil akhirnya dapat memunculkan cara atau teknis tertentu,.

Pengawasan dan perbaikan diri

Tujuan dibuatnya sebuah teks laporan hasil observasi adalah untuk melakukan pengawasan  serta perbaikan diri. Observasi yang dikatakan itu bukan yang sebenarnya. Teks laporan observasi dilihat-lihat. Hasil dari tujuan kali ini adalah sebagai pengawasan dan untuk menentukan perbaikan yang akan dilakukan.

Ciri-ciri Teks Laporan Hasil observasi

Untuk membedakan jenis teks laporan hasil observasi maka dapat dilihat dari ciri cirinya. Berikut ini adalah cara mengetahui ciri-ciri teks laporan hasil observasi.

Universal, laporan bersifat universal, dan global. Ciri lainnya adalah haisl laporan uan jsutru menunjukkan ekdiuasnaspesfik. Dengan hal ini maka kita dapat melawan musuh lainnya dengan efektif.

Objek berupa tunggal

Objek dalam teks laporan hasil observasi objeknya harus tunggal. Objek tunggal sangat membantu untuk menentukan objek serta meningkatkan semangat.

Data informasi Berdasarkan Fakta

Sebagai sebuah hasil pengamatan, data yang ada pada laporan observasi harus sesuai dengan fakta.

Hasil laporan tidak boleh berdasarkan prasangka atau dugaan saja, harus memiliki kejelasan dan kebenaran.

Struktur Teks Laporan Hasil Observasi

Berikut ini adalah struktur teks laporan hasil observasi.

Definisi Umum

Struktur pertama berupa definisi umum atau pernyataan umum yang isinya adala keterangan secara umum tentang objek, subjek atau kejadian yang diamati.

Deskripsi Bagian

Deskripsi bagian berisi tentang penjelasan secara rinci tentang objek, atau kejadian yang sedang diamati. Hal yang dijelaskan dalam bagian ini seperti perilaku, lingkungannya, fisik dan perannya.

Deskripsi Manfaat

Struktur selanjutnya adalah bagian akhir yang berupa simpulan atau pemaparan. Kesimpulan yang disajikan dapat berupa kegunaan, kelebihan., atau manfaat dari hasil pengamatan.

Kaidah Kebahasan

  • Repetisi, pengulangan kata kunci yang ada dalam teks laporan hasil observasi. Bertujuan supaya pembaca memahami isi pada topik yang ditekankan.
  • Konjungsi, yang sering digunakan adalah: oleh karena itu, dengan, adalah, merupakan, untuk, antara lain, sebagai, dan lain sebagainya.
  • Pronomina, kata lain atau kata ganti orang dan benda.
  • Kalimat definisi, menjelaskan suatu hal.

Demikian adalah pengertian, tujuan, ciri dan struktur teks laporan hasil observasi.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *