Don't Show Again Yes, I would!

Telah Dibuka Pendaftaran Kartu Prakerja 2024, Simak Syarat dan Cara Daftar

Apakah pendaftaran kartu prakerja 2024 telah dimulai? Ya, pendaftaran program ini telah resmi dibuka. Berita ini disampaikan lewat akun Instagram @prakerja.go.id pada Rabu, 03 Januari 2024.

Bagi peserta yang lolos seleksi untuk mendapatkan Kartu Prakerja 2024, akan mendapatkan insentif sebesar Rp 4,2 juta.

Tidak heran jika pendaftar untuk Prakerja juga selalu banyak. Untuk mengikuti program ini kamu harus mengetahui terlebih dahulu syarat dan cara pendaftaran.

Berikut ini duniamu.id bagikan persyaratan dan cara daftar Kartu Prakerja 2024.

Mengenal Kartu Prakerja

Sebelum mengetahui bagaimana persyaratan dan cara pendaftaran kartu pra kerja 2024, tidak ada salahnya untuk mengenal lebih dekat tentang program satu ini.

Kartu Prakerja merupakan sebuah program dengan tujuan mengembangkan kompetensi kerja yang ditujukan untuk para pencari kerja. Pekerja/buruh yang terkena pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.

Sebagai sebuah program yang bertujuan mengembangkan potensi dan kemampuan seseorang, maka nantinya pemilik kartu ini akan mendapatkan beragama pelatihan yang seusia dengan minat dan insentif nya.

Syarat Pendaftaran Kartu Pra Kerja 2024

Dibukanya pendaftaran Kartu Prakerja 2024 kamu perlu mengetahui persyaratan apa saja yang diperlukan sebelum mendaftarkan diri. Secara umum berikut ini adalah persyaratan pendaftaran kartu prakerja 2024.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Usia paling rendah adalah 18 tahun dan paling tinggi adalah 64 tahun
  • Tidak sedang menempuh pendidikan formal
  • Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkenal pemutusan kontrak atau PHK, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi.
  • Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Anggota Polri, Prajurit TNI, Kepala Desa dan perangkat dasar serta Direksi/komisaris/dewan pengawas pada BUMN dan BUMD
  • Maksimal yang mendapat Kartu Prakerja 2 NIK dalam satu Kartu Keluarga

Cara Daftar Prakerja 2024

Setelah mengetahui apa saja persyaratan pendaftaran kartu prakerja 2024, pasti banyak yang mempertanyakan bagaimana cara pendaftarannya?.

Berikut ini adalah langkah-langkah pendaftaran kartu prakerja.

  • Buka laman resmi Prakerja atau klik https://dashboard.prakerja.go.id/daftar
  • Jika belum memiliki akun, buat akun prakerja menggunakan email, NIK, KK dan nomor HP
  • Selesaikan kemampuan dasar untuk mengakhiri pendaftaran
  • Lakukan verifikasi, masukkan kode 6 digit OTP yang dikirim ke email
  • Klik “Gabung” pada gelombang yang dibuka
  • Konfirmasi pilihan gelombang
  • Isi laman Persetujuan Prakerja, klik “Gabung”
  • Tunggu konfirmasi selanjutnya, pengumuman kelulusan akan diberitahukan setelah dilakukan evaluasi
  • Bagi peserta yang telah lolos seleksi, akan mendapatkan nomor prakerja serta saldo yang muncul di dashboard akun masing-masing

Cara Cairkan Insentif Kartu Prakerja

Peserta yang lolos seleksi Kartu Prakerja 2024, akan mendapatkan bantuan intensif yang digunakan sebagai biaya pelatihan.

Intensif tersebut dapat dicairkan melalui dompet digital seperti OVO, Link Aja, Gopay, datau DANA.

Cara penarikan insentif tersebut adalah sebagai berikut.

  • Pastikan nomor rekening bank atau e wallet adalah nama Anda sendiri dan menggunakan NIK yang sama untuk mendaftar ke Kartu Prakerja
  • Pastikan nomor HP telah teregistrasi di Kartu Prakerja dan merupakan nomor telepon yang digunakan pada akun dompet digital.
  • Akun e wallet telah KYC (Know Your Customer) yang sudah melakukan verifikasi KTP dan swafoto
  • Setelah memenuhi syarat tersebut, Anda Dapat langsung menyambungkan e wallet ke akun prakerja

 Manfaat Kartu Prakerja

Apa saja yang akan kamu dapatkan saat menjadi penerima kartu prakerja 2024? Terdapat berbagai keuntungan yang akan kamu dapatkan dengan memiliki kartu prakerja. Beberapa manfaat sebagai penerima kartu prakerja adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Keterampilan

Dengan adanya kartu prakerja kamu akan mendapatkan berbagai peluang untuk mengikuti pelatihan yang dapat meningkatkan keterampilan baik secara soft skill maupun hard skill. Kartu prakerja akan membuka jalan ke berbagai pelatihan serta kursus secara online, seperti pelatihan kepemimpinan, copy writing, SEO, dan lain sebagainya.

Jaringan yang Luas

Dengan adanya kartu prakerja kamu dapat mengakses berbagai pelatihan dan kursus, dimana kamu juga akan mengenal berbagai orang dari latar belakang yang berbeda. Sehingga kamu dapat menjalin jaringan yang lebih luas.

Mendapat Nilai Manfaat

Tidak hanya pelatihan ketrampilan kamu juga akan mendapatkan nilai manfaat yang lumayan besar. Nilai manfaat ini berupa sokongan dana yang diberikan pemerintah. Total bantuan biaya yang akan kamu dapatkan adalah sebesar Rp 3,55 juta. Biaya tersebut terdiri dari Rp 1 juta untuk digunakan sebagai biaya pelatihan mengasah kemampuan, Rp 2,4 juta insetif yang didapat setelah pelatihan (Rp 600 ribu per bulan), dan insentif survei sebesar Rp 150 ribu.

Kesempatan Kerja

Dengan mendapatkan kartu prakerja kamu akan mendapatkan relasi dan informasi selama pelatihan, pengembangan kemampuan yang kamu dapatkan juga memberikan peluang lebih besar untuk masuk ke dunia kerja.

Tips Lolos Kartu Prakerja

  • Lengkapi persyaratan dengan lengkap dan benar.
  • Pastikan data diri seperti NIK, KK sesuai dengan Dukcapil.
  • Pastikan foto yang diunggah jelas dan tidak buram.
  • Cantumkan nomor telepon dan Email yang masih aktif.

Demikian adalah informasi mengenai kartu prakerja 2024, dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan kartu prakerja harus lolos seleksi dan melakukan pendaftaran dengan benar. Mendapatkan kartu pra kerja memberikan berbagai manfaat seperti meningkatkan keterampilan, mendapat insentif per bulan, memperluas jaringan dengan berbagai latar belakang, serta memberikan peluang yang lebih besar untuk masuk ke dunia kerja.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *