Don't Show Again Yes, I would!

Temukan Pengalaman Baru dengan 12 Ide Kegiatan Outing Class yang Seru

Apa saja contoh kegiatan ide kegiatan outing class yang seru dan dapat diterapkan pada salah satu proses pembelajaran?.

Bapak/Ibu guru mungkin sudah akrab dengan istilah outing class, kegiatan satu ini dapat dilakukan dengan berbagai cara. Outing class sendiri merupakan singkatan dari Outbound Training.

Jika Bapak/Ibu mencari kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan selama outing class, duniamu.id akan memberikan beberapa ide dan contoh kegiatan outing class beserta penjelasannya.

Langsung saja simak ide kegiatan outing class yang seru dalam ulasan berikut ini.

Apa itu Outing Class?

Sebelum kita mempelajari lebih lanjut ide-ide kegiatan outing class, Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa pengertian dari Outbound Training dalam dunia pendidikan itu.

Outing class adalah salah satu metode pembelajaran di luar kelas atau outdoor. Jadi outing class adalah kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh siswa di luar kelas. Kegiatan ini tidak setiap hari atau dalam waktu dekat selalu dilakukan. namun, biasanya dilakukan dalam waktu yang rutin, seperti dalam setiap satu semester sekali, atau beberapa bulan sekali.

Tujuan dari outing class adalah untuk memberikan keterampilan serta melatih keahlian dasar, sehingga terciptalah kreativitas siswa. Kegiatan outing class dilakukan dengan cara yang menyenangkan, seru dan tidak banyak melakukan pemikiran/emosional yang berat. Kegiatan ini dilakukan  diluar kelas atau alam terbuka sehingga bisa menjadi sarana hiburan dan rekreasi.

Cara melakukan kegiatan outing class adalah dengan merencanakan kegiatan dan mengajak peserta didik untuk melakukan sesuatu di luar ruangan. Kegiatan yang dilakukan beraneka ragam mulai dari yang sederhana dapat dilakukan di sekitar sekolah atau di alam terbuka seperti lapangan.

Ide-ide Kegiatan Outing Class

Untuk melakukan metode pembelajaran dengan kegiatan outing class, guru dapat merencanakan kegiatan sederhana jika waktu dan hal lainnya tidak mendukung. Kegiatan sederhana yang dapat dilakukan seperti menanam bunga, bermain di lapangan, bercerita di taman, jalan-jalan di taman dan lain sebagainya.

Atau Anda dapat melakukan kegiatan outing class berikut ini.

Mengunjungi museum

Dengan berkunjung ke museum peserta didik akan dapat mempelajari berbagai hal, seperti sejarah, sains dan teknologi. Museum juga akan memberikan pengalaman untuk membuka wawasan peserta didik yang lebih luas.

Guru dapat merencanakan mengunjungi museum yang dekat dengan sekolahan, seperti museum prasejarah, museum teknologi atau museum seni.

Mengunjungi agrowisata

Dengan berkunjung ke agrowisata tidak hanya pengetahuan tetapi juga menjadi salah satu kegiatan rekreasi yang seru. Karena agrowisata merupakan tempat yang memanfaatkan penggunaan lahan pertanian, peserta didik akan belajar tentang tumbuhan, pentingnya tumbuhan bagi makhluk hidup.

Melakukan kegiatan volunteer

Menjadi relawan atau volunteer adalah ide kegiatan outing class  selanjutnya.

Kegiatan volunteer dapat berupa kegiatan membagi-bagikan makanan, mengunjungi panti asuhan, atau menggalang dana untuk sebuah tujuan mulia.

Kegiatan ini akan membantu kecerdasan emosional peserta didik, dan menumbuhkan kepekaan terhadap sesama.

Berkemah

Dengan berkemah akan mengajarkan banyak hal pada peserta didik, salah satunya adalah kemandirian. Dengan ikut berkemah maka peserta didik harus menyiapkan segalanya sendiri. Berkemah dilakukan di alam terbuka, yang jauh akan teknologi.

Oleh karena itu berkemah juga akan membantu peserta didik mendapatkan relaksasi dan kenangan yang tak terlupakan.

Berkunjung ke instansi pemerintah

Menghubungi instansi pemerintahan, peserta didik akan lebih mengetahui cara kerja pegawai pemerintah dengan baik. selain itu hal ini juga dapat memotivasi peserta didik yang ingin menjadi jaksa.

Berkunjung ke kolam renang atau waterpark

Berenang adalah olahraga yang menjadi kegemaran beberapa orang, berenang juga baik bagi pertumbuhan anak.

Sehingga ide kegiatan outing class berikutnya adalah mengajak peserta didik ke kolam renang atau waterpark.

Studi banding

Studi banding dapat dilakukan antar sekolah baik kecamatan, kabupaten maupun kota. Dengan melakukan kegiatan outing class sini peserta didik akan mengalami pengalaman baru di tempat baru. Salah satu manfaat lainnya adalah akan mendapatkan kenalan dan pertemanan baru.

Melakukan Outbond

Outbound adalah kegiatan diluar ruangan dengan menggunakan metode experience learning. Outbond biasanya dilakukan dengan berkelompok atau per tim dengan beberapa anggota, kemudian memainkan permainan yang seru.

Berkunjung ke industri tertentu

Berkunjung ke industri atau pabrik-pabrik terkenal peserta didik akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan. Mereka akan belajar bagaimana sebuah benda di produksi. Kegiatan outing class ini juga cocok dilakukan saat materi pelajaran ekonomi.

Mengadakan turnamen

Turnamen olahraga dapat dilakukan sebagai metode pembelajaran kegiatan outing class yang seru. Turnamen olahraga seperti permainan sepak bola, bola voli, basket atau tenis, dapat dilakukan antar kelas dalam satu sekolah.

Kegiatan ini akan melatih siswa bekerja sama dan membuat tubuh semakin kuat. Kegiatan ini cocok dilakukan pada saat pembelajaran olahraga.

Melakukan kegiatan pengamatan

Contoh ide kegiatan outing class kaoi ini termasuk kegiatan sederhana, yang dapat dilakukan bahkan seminggu sekali. Yaitu kegiatan pengamatan, peserta didik akan diajak keluar ruangan untuk mengamati beberapa hal dan kemudian melaporkan hasil pengamatan pada guru.

Pengamatan dapat dilakukan pada lingkungan sekitar, aktivitas sosial, dan lain sebagainya.

Hiking atau jalan-jalan

Hiking ke tempat yang tidak terlalu tinggi dapat menjadi ide kegiatan outing class yang dapat dilakukan oleh guru. Dengan mengunjungi alam terbuka, peserta didik juga akan dapat merelaksasi pikirannya agar tidak penat.

Selain hiking, kegiatan seperti jalan-jalan di sekitar sekolah juga menjadi ide kegiatan outing class yang mudah untuk dilakukan.

Itulah dia ide-ide kegiatan outing class yang sederhana dan seru dapat diterapakn guru pada peserta didik sebagai salah satu metode pembelajaran. Tentu saja pelaksanaan kegiatan juga perlu dipersiapkan dengan rencana yang matang. Apalagi kegiatan outing class di alam terbuka, tentunya membutuhkan izin orang tua dan juga peraturan-peraturan tertentu.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *