Don't Show Again Yes, I would!

Tingkatkan Mood dengan Ice Breaking untuk MPLS SD, SMP dan SMA

Jika dulu dikenal dengan Masa Orientasi Sekolah (MOS), kini ada istilah baru yang disebut dengan MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah. Biasanya kegiatan ini diisi dengan berbagai cara untuk membiasakan peserta didik baru dengan lingkungan sekolah.

Nah, untuk mendekatkan diri bisanya saat kegiatan MPLS terdapat kegiatan ice breaking yang seru.

Ice breaking untuk MPLS biasanya dilakukan dengan tujuan agar peserta didik lebih semangat dan saling mengenal.

Lalu apa saja contoh-contoh kegiatan ice berkain untuk MPLS yang dapat diterapkan? Simak ulasannya dalam penjelasan berikut ini.

Ide Ice Breaking untuk MPLS

Berikut ini adalah contoh-contoh ide ice breaking untuk MPLS, yang ada adik-adik OSIS atau Bapak/Ibu guru terapkan pada siswa dan siswi.

Menyebutkan Nama

Ice breaking untuk MPLS satu ini bertujuan agar peserta didik dapat saling mengenali mata teman.

Caranya yaitu paitia memberi instruksi agar peserta didik membentuk sebuah lingkaran besar dengan bergandengan tangan.

Kemudian setiap peserta harus menyebutkan nama, beserta ekspresi wajah atau gerakan yang unik.

Lalu setiap peserta harus mengulangi nama-nama sebelumnya sambil melakukan ekspresi atau gerakan dari temannya. Lakukan hal ini hingga sampai apda siswa yang terakhir.

Karaoke Keliling

Ice beraking untuk MPLS ini adalah modifikasi dari kegiatan tebak lagu. Pertama panitia akan menyanyikan sebuah lagu, sambil berjalan didepan atau mengelilingi peserta didik.

Lalu saat bernyanyi, pantun memberikan mic pada salah satu peserta. Kemudian peserta yang ditunjuk haid harus menyanyi dilanjutkan lagunya. Setelah itu peserta harus bernyanyi dan mengoper mic ke teman yang lainnya tersebut harus menyanyikan dan mengoper mic ke teman lainnya untuk diteruskan kembali.

Panitia dapat melakukan penunjukkan secara random, melakukan beberapa kegiatan mengecoh untuk lebih meningkatkan semangat peserta.

Kartu Bergambar

Beberapa properti dibutuhkan untuk melakukan ice breaking untuk MPLS ini. Pantun harus menimpa beberapa kartu dengan gambar yang unik.

Kemudian peserta harus dapat secara individu atau kelompok, harus menyusun kartu-kartu tersebut hingga membuat sebuah cerita yang saling berkaitan dan menghasilkan cerita-cerita lucu.

Lalu panitia dapat memberi instruksi pada peserta untuk membacakan cerita nya masing masing.

Tebak Gaya

Permainan tebak gaya adalah ice breaking yang dapat mencairkan suasana sehingga peserta lebih bersemangat.

Caranya mudah yaitu panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Kemudian menunjuk satu orang peserta untuk memperagakan sebuah kata atau kalimat lewat gerakan.

Panitia memberikan kalimat pada siswa yang ditunjuk, lalu siswa yang ditunjuk harus menyampaikan ke peserta lain menggunakan gerakan.

Peserta lain harus menebak gaya yang diperagakan, setiap kelompok dapat berlomba membaca kata-kata atau kalimatnya.

3, 6, 9 Dor

Ice breaking MPLS yang satu ini bertujuan untuk mengasah konsentrasi dan fokus peserta. Cara melakukanya adalah panitia memberikan instruksi kepada peserta untuk berhitung mulai dari satu hingga seterusnya.

Namun, setiap kelipatan 3 seperti 3,6,9, 12, 15, 18 dan seterusnya peserta harus berteriak Door alih-alih menyebutkan nomornya. Kemudian dilanjutkan dengan siswa lain sampai semua siswa mendapat giliran.

Jika ada yang salah menyebutkan nomor atau tidak berteriak Door pada kelipatan 3 maka peserta tersebut harus meninggalkan tempat atau keluar dari barisan.

Lampu merah, Lampu Hijau

Apa kalian masih ingat dengan permainan populer yang ada pada film Squid Game? Nah, di ice bersaing ini adalah adaptasi dari permainan  tersebut.

Permainan ini juga cocok dilakukan saat kegiatan outdoor. Caranya yaitu panitia dapat menunjukkan satu orang atau dilakukan oleh panitia sendiri sebagai penjaga.

Penjaga akan membalikkan badan dan menguatkan Mugunghwa Kochi Pieot Seumnida atau Bunga Mugunghwa telah bermekaran.

Kemudian peserta harus berjalan maju menghampiri penjaga, sampai dapat menyentuh belakang penjaga. Namun, saat penjaga berbalik peserta harus diam dan tidak boleh melakukan gerakan sama sekali.

Jika ada peserta yang melakukan gerakan dan terlihat oleh penjaga, maka peserta tersebut harus di eliminasi dan keluar dari permainan.

Suara Tembakan

Ice breaking MPLS satu ini mudah sekali dilakukan caranya adalah peserta dibagi menjadi beberapa kelompok.

Kemudian panitia memberi instruksi untuk setiap kelompok membuat suara tembakan yang unik dan juga nama kelompok.

Kemudian jika sudah selesai, saat panitia menunjuk tau menyebutkan salah satu nama kelompok. Semua anggota kelompok harus menyebutnya dengan suara tembakan tadi. Lakukan beberapa kali untuk menaikkan semangat peserta MPLS.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *