Don't Show Again Yes, I would!

Tips! 7 Cara Mengajar Menyenangkan untuk Guru Hebat

Proses pembelajaran dengan cara mengajar menyenangkan dapat menumbuhkan motivasi peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Untuk dapat mencapai penguasaan materi, guru dapat menerapkan beberapa cara mengajar menyenangkan.

Dapat menerapkan cara mengajar menyenangkan merupakan salah satu kemampuan yang perlu dimiliki oleh guru.

Lalu bagaimana agar guru dapat mengajar secara menyenangkan dan seru? Ayo simak ulasannya berikut ini.

Trik Mengajar dengan Menyenangkan

Mengajar dengan menyenangkan dapat membuat peserta didik lebih semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Selain itu, metode yang menyenangkan akan menumbuhkan motivasi belajar peserta didik. Sehingga mereka tidak akan merasa bosan selama proses pembelajaran.

Membuat Peserta didik penasaran

Cara mengajar menyenangkan pertama guru haus membuat nuansa kelas menyenangkan dengan membuka pembelajaran dengan alat pembelajaran lainnya.

Pada saat pembelajaran guru dapat mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang memancing sebagian. Suasana kelas yang menyenangkan dapat dilakukan dengan mengajukan pertanyaan yang memancing kemampuan berpikir peserta didik.

Perbanyak Interaksi

Dengan melakukan interaksi positif dengan peserta didik, maka hubungan antara guru dan siswa akan terjalin. Siswa akan merasa lebih nyaman dan dapat mengungkapkan pendapat dengan lebih mudah.

Namun, jangan lupa untuk tetap mengajar dengan baik dan benar, beberapa interaksi dapat ditunjukkan dengan mengajak peserta didik menjawab beberapa pertanyaan simple. Lakukan kegiatan tanya jawab yang asik dan menyenangkan, jangan berbicara dengan peserta didik menggunakan nada intimidasi.

Cara mengajar menyenangkan adalah membuat peserta didik betah saat kegiatan pembelajaran dan tidak cepat merasa bosan. Meskipun pasti ada beberapa siswa yang sulit mengungkapkan pendapat dan ide-nya, guru harus memberikan interaksi yang sama dan menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Saat interaksi di kelas berjalan dengan baik maka siswa juga akan lebih fokus dalam belajar dan mudah untuk mengemukakan pendapat serta gagasan.

Tidak Pilih Kasih

Untuk mengajar dengan menyenangkan maka guru jangan sampai melakukan tindakan pilih kasih dan menunjukkan perhatian secara tidak adil. Guru harus dapat mengusahakan untuk memberikan peserta didik perhatian yang sama. Semua siswa memiliki hak dan kesempatan yang sama, jadi jika mereka merasa diperhatikan keadaan kelas akan lebih kondusif.

Guru yang terkesan pilih kasih, dan hanya berinteraksi dengan siswa itu-itu saja akan lebih tidak disukai oleh siswa lainnya. Hal tersebut akan membuat kondisi kelas yang tidak sehat. Siswa yang tidak mendapat perhatian akan merasa tertinggal dan selalu bosan setiap masuk kelas.

Ingat bahwa, meskipun siswa yang pendiam terkadang mereka juga ingin mengungkapkan pendapat tetapi tidak tahu caranya atau mereka malu. Oleh karena itu guru harus dapat memberikan motivasi pada siswa untuk mengembangkan sikap berani dan percaya diri.

Memanfaatkan Berbagai Media dan Peralatan Ajar

Salah satu cara mengajar menyenangkan adalah dengan memanfaatkan teknologi media ajar yang beragam. Guru harus menemukan cara mengajar kreatif dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Mengajar dengan berbagai alat dan media pembelajaran yang interaktif. Hal ini juga dapat meningkatkan ketertarikan peserta didik dalam menyimak pembelajaran. Guru dapat menggunakan alat seperti smartphone, projector, alat praktikum dan lain sebagainya yang dapat menarik minat siswa.

Media ajar yang beragam seperti menggunakan PPT, Video, Bagan, Mind Mapping dan lain sebagainya juga menjadi alternatif untuk membuat proses pembelajaran lebih menyenangkan.

Hindari Kebiasaan Monoton

Melakukan kegiatan pembelajaran yang sama setiap hari akan membuat siswa lebih mudah jenuh. Sehingga guru perlu menghindari kebiasaan-kebiasaan monoton yang terus menerus.

Meskipun mengajar mata pelajaran yang sama, coba cari hal atau kegiatan yang berbeda sekali atau dua kali waktu seminggu. Guru dapat mencoba menggunakan metode belajar lain seperti diskusi, proyek, problem solving, dan lain sebagainya. Sehingga siswa mendapatkan pengalaman belajar yang berbeda dan mempertahankan semangat untuk belajar.

Melibatkan Siswa dalam Pembelajaran

Cara mengajar menyenangkan lainnya adalah dengan selalu ikut melibatkan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Guru dapat menerapkan model pembelajaran yang berpusat pada siswa, seperti problem based learning, discovery learning, cooperative learning dan lain sebagainya.

Menerapkan model pembelajaran yang membuat siswa ikut serta dalam kegiatan pembelajaran akan membuat kelas menjadi hidup sekaligus tidak monoton. Hal ini juga dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa karena mereka akan menemukan informasi dan pengetahuan dengan kemampuannya sendiri.

Lakukan Ice Breaking

Ice breaking dalam dunia pendidikan telah dikenal dan diterapkan dalam berbagai kegiatan. Melakukan ice breaking di awal pembelajaran atau di sela-sela pembelajaran selama beberapa menit akan membuat siswa tidak kehilangan fokusnya.

Ice breaking juga berguna saat kondisi kelas sudah mulai tidak kondusif atau banyak siswa yang terlihat mengantuk. Guru dapat melakukan ice breaking selama 3 atau 5 menit untuk mengembalikan semangat siswa.

Nah, demikian adalah beberapa cara mengajar menyenangkan yang dapat diterapkan oleh guru dalam pembelajaran.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *