Don't Show Again Yes, I would!

Tips! 8 Cara Presentasi yang Baik dan Menarik

Apakah kamu tipe orang yang merasa gugup setiap kali akan menyampaikan presentasi? Jika iya, kamu perlu mempelajari cara presentasi yang baik berikut ini.

Menyampaikan sebuah presentasi memang bukan perkara yang mudah, sehingga perlu latihan dan pembiasaan diri. Beberapa tips dalam ulasan kali ini akan memberitahu-mu cara presentasi yang baik, sehingga terkesan menarik bagi audien.

Langsung saja ayo simak rekomendasi cara presentasi yang baik berikut ini.

Tips Cara Presentasi

Persiapan Diri yang Baik

Sebelum menerapkan berbagai cara presentasi yang baik, yang perlu kamu lakukan adalah mempersiapkan diri dengan baik.

Dalam persiapan diri ini kamu harus menyiapkan mental, serta beberapa hal yang diperlukan.

Cobalah untuk berlatih berbicara di depan kaca jika kamu tipe yang gugup dan tidak percaya diri di depan umum. Selain itu saat menyusun materi kamu perlu melakukannya secara terstruktur.

Persiapan lainnya adalah mengetahui karakter audiens yang akan kamu hadapi. Misal jika kamu guru maka menyampaikan harus disesuaikan dengan peserta didik yang akan kamu ajari. Mengenal audiens yang akan dihadapi juga akan memberikan kepercayaan diri serta kamu akan dapat mempersiapkan penyampaian yang sesuai.

Menyusun Materi Presentasi

Cara presentasi yang baik selanjutnya adalah dengan menyusun materi presentasi secara baik dan benar. Susun menteri secara logis dan sesuai dengan tujuan presentasi yang dilakukan.

Masukkan poin-poin penting dalam materi presentasi. Perlu diingat bahwa menyusun materi tidak hanya sekedar isinya saja tapi bagaimana susunan dan penyampaian yang akan kamu lakukan.

Selain itu, sesuaikan materi dengan media yang akan digunakan. Misal kamu akan memakai PPT untuk presentasi, maka sajikan materi secara jelas, singkat dan padat. Tulis poin utama yang akan kamu sampaikan, kemudian jelaskan secara lebih rinci.

Desain susunan materi juga perlu diperhatikan dan disesuaikan dengan audiens. Jika kamu presentasi untuk pekerjaan maka dapat menggunakan desain yang sederhana, tetapi jelas dan lengkap. Namun, jika kamu presentasi untuk seminar atau pembelajaran dapat menggunakan desain yang lebih bervariasi.

Kuasai Materi

Hal yang sangat penting dalam presentasi adalah kamu harus dapat menguasai materi dengan baik. menguasai materi merupakan cara presentasi yang baik, karena hal ini akan menentukan bagaimana audiens memandang-mu.

Jika kamu menguasai materi dengan baik, maka kamu akan merasa lebih percaya diri. Jika kamu tidak menguasai materi dengan baik maka audiens akan kehilangan minat dan dapat saja mengabaikan presentasimu.

Hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk menguasai materi dengan baik adalah membuat catatan kecil yang dapat menjadi pedoman, kamu juga dapat merangkum materi kemudian mempelajari-nya. Untuk dapat menguasai materi sepenuhnya buatlah poin-poin kemudian berlatih secara bertulang.

Pembukaan yang Menarik

Kesan pertama yang baik adalah hal yang diperlukan dalam cara menyampaikan presentasi dengan baik. Kesan pertama akan melekat dan mempengaruhi audiens sehingga mereka dapat tertarik dengan penyampaian.

Oleh karena itu, pembukaan yang menarik diperlukan saat kamu mulai menyampaikan presentasi. Tips untuk membuat presentasi yang baik akan dapat membuka dengan obrolan kecil atau kaitan materi dengan peristiwa yang baru-baru ini terjadi.

Kamu juga menyampaikan fakta atau berita yang lucu, luar biasa atau meresahkan untuk menuntun audiens pada materi yang akan kamu bahas.

Cerita menarik juga dapat kamu jadikan pembuka presentasi yang baik. Misal kamu akan mempresentasikan tentang strategi pemasaran, untuk membuka kamu dapat menceritakan pengalamanmu saat ditawari, berikan beberapa contoh sesuai materi lalu masuk slide presentasi.

Gunakan Teknik Studi Kasus

Untuk menyampaikan sebuah presentasi tidak hanya dengan metode ceramah atau menjelaskan. Cara presentasi yang baik lainnya adalah dengan menggunakan metode studi kasus.

Tidak hanya menjelaskan data dan informasi saja, kamu juga dapat membuat sebuah studi kasus sehingga apa yang kamu sampaikan lebih menarik.

Dengan adanya studi kasus maka audiens akan lebih menangkap yang kamu sampaikan.

Melibatkan Audiens

Cara presentasi yang baik selanjutnya kamu perlu memperhatikan bagaimana kamu memperlakukan audiens. Jangan hanya terfokus pada slide atau media presentasi. Namun, kamu perlu terhubung dan melibatkan audiens secara langsung.

Melibatkan audiens, akan membuat presentasi yang kamu sampaikan lebih menarik dan tidak monoton. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk melibatkan audiens antara lain adalah sebagai berikut.

  • Melakukan kontak mata dengan audiens. Hal ini dapat dilakukan saat penyampaian materi atau saat kegiatan tanya jawab.
  • Menampilkan gambar yang visualnya menarik. Kamu juga bertanya bagaimana tanggapan audiens.
  • Mengajukan pertanyaan sesuai topik presentasi. Komunikasi yang baik dengan audiens dapat dilakukan dengan kegiatan tanya jawab. Kamu dapat bertanya bagaimana tanggapan audiens tentang suatu permasalahan dan lain sebagainya.
  • Berjalan ke arah audiens. Saat menyampaikan presentasi di depan ruangan dapat terlihat kaku. Kamu dapat berjalan ke arah audiens sambil menjelaskan materi.

Perhatikan Gestur Tubuh

Body language dalam presentasi juga perlu diperhatikan, cara presentasi dengan baik adalah dengan melakukan gestur tubuh yang tidak berlebihan.

Hindari melakukan banyak gerakan tangan yang menunjukkan kegugupan seperti memasukkan tangan ke saku atau menyembunyikan tangan ke belakang. Sesekali kamu dapat menunjuk ke slide dan menggerakan tangan ke depan atau ke samping secukupnya.

Postur tubuh dan mimik wajah juga perlu diperhatikan. Pastikan postur tubuh tegak dan jangan membelakangi audiens. Mimik wajah yang gugup atau lesu juga membuat presentasi tidak menarik.

Rileks dan Berikan Jeda

Saat kamu mulai gugup sebaiknya coba tarik napas dengan dalam supaya kembali rileks. Karena tetap rileks dan percaya diri menjadi kunci cara presentasi yang baik.

Saat berbicara berikan jeda dan menjelaskan dengan santai, jangan berbicara terus menerus tanpa henti seperti robot. Berbicara terlalu cepat justru akan membuat kamu gagal fokus.

Nah, itu dia tips-tips cara presentasi yang baik dan menarik yang dapat kamu terapkan. Selamat mencoba.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *