Don't Show Again Yes, I would!

Tips Cara Belajar Membaca Kelas 1, Mudah dan Bisa Dilakukan di Rumah

Helo sobat duniamu.id artikel kali ini akan membahasa cara belajar membaca kelas 1 yang mudah dan dapat dilakukan di rumah.

Membaca merupakan keterampilan yang penting bagi tumbuh kembang anak, tidak hanya mempengaruhi penilaian akademik. Tetapi, membaca adalah pintu untuk anak dapat mengembangkan pengetahuan dan kemampuan serta fungsi otaknya.

Membaca adalah pondasi penting dalam proses belajar anak, dengan membaca anak akan mendapatkan informasi dan pengetahuan yang luas. Oleh karena itulah terdapat ungkapan membaca adalah jendela dunia.

Biasanya saat kelas 1 SD anak-anak akan mulai diajarkan membaca, karena pada kelas SD siswa membutuhkan kemampuan membaca untuk melakukan proses pembelajaran. Jika Anda sedang mencari bagaimana cara belajar membaca untuk kelas 1, ayo simak ulasannya dibawah ini.

Tips Belajar Membaca Kelas 1

Berikut ini akan disajikan tips-tips belajar membaca kelas 1 yang dapat dilakukan di rumah dengan bantuan orang tua. Tidak hanya bagi orang tua, tetapi ulasan kali ini juga dapat dimanfaatkan oleh guru sebagai salah satu cara mengajari siswa belajar membaca.

Menggunakan Gambar

Salah satu cara belajar membaca kelas 1 yang efektif adalah dengan menggabungkan huruf dan gambar.

Anda dapat membeli buku-buku yang memuat gambar dan huruf untuk mengajari anak membaca, hal ini akan lebih mudah diingat oleh anak-anak.

Saat memilih buku dengan gambar, pilih yang menuliskan huruf dengan jelas dan besar akan lebih mudah dipelajari.

Mewarnai Huruf

Mewarnai menjadi kegiatan yang hampir disukai oleh semua anak-anak aplagai pada kelas 1. Coba Bapak/Ibu membeli buku mewarnai huruf, kemudian belajar bersama anak-anak sambil mengenalkan huruf-huruf tersebut.

Dengan cara tersebut anak akan lebih antusias saat belajar membaca, dan tidak mudah bosan. Saat selesai mewarnai satu huruf ingatkan anak cara membacanya dan buat anak mengikuti pelafalannya.

Membacakan Buku

Jika anak memiliki kegemaran membaca sejak kecil akan lebih mempercepat proses belajar. Saat anak belum mengenal huruf atau baru mengenal huruf, orangtua dapat membacakan buku setiap kali akan anak akan tidur.

Buku dapat berupa buku cerita, dongeng atau buku menarik lainnya. Sehingga anak akan merasa membaca sebagai kebiasaan. Suatu saat anak akan penasaran dan ingin mencoba membaca sendiri.

Lakukan hal ini secara rutin agar anak dapat memiliki kegemaran membaca.

Menggunakan Lagu

Belajar membaca kelas 1 dengan cara yang menyenangkan akan lebih menarik perhatian anak untuk mengikuti prosesnya. Nah, salah satu cara belajar menyenangkan adalah sambil bernyanyi.

Dengan bernyanyi anak akan merasa senang, dan tanpa sadar mereka juga belajar. Selain, mengembangkan daya ingat anak, bernyanyi sambil belajar juga dapat mempermudah anak belajar membaca.

Menempel Huruf dan Kata di Sekitar Rumah

Tips belajar membaca kelas 1 selanjutnya adalah dengan menempelkan huruf atau kata yang mudah di sekitar rumah. Anda dapat mencetak huruf dan kata berwarna-warni kemudian menempelkan ke dinding ruang belajar, ruang bermain atau dapur.

Kemudian saat melakukan kegiatan di sekitar tempat tersebut, Anda dapat menanyakan pada anak ‘huruf apa ini?’, lalu ajarkan anak untuk membacanya. Besoknya tanyakan lagi, lama kelamaan anak akan hafal dan dapat membacanya sendiri.

Ajarkan membaca suku kata

Suku kata adalah komponen penting dalam membaca. Mulai dengan mengajari anak huruf vokal dan konsonan. Kemudian gabungkan konsonan dengan vokal dan bacakan pada anak dengan rutin.

Ajak anak untuk membaca bersama-sama. Hal ini akan membuat anak lebih lancar membaca jika sudah hafal dengan huruf alphabet.

Contoh suku kata:

Ba bi bu be bo ca ci cu ce co da di du de do fa fi fu fe fo ga gi gu ge go

Ba ca ba ci ba co bu di bu de bu da …

Setelah anak dapat membaca dengan suku kata, variasikan kembali suku kata membentuk satu kata utuh.

Contoh:

Ba ca          ta ni            bi ru

Bu ku                   fa ni            ru bi

Ka ta           le ni             ka mu

Bu ta           me ja           mu ka

Setelah itu dapat dilanjutkan dengan membaca beberapa suku kata, dan dilanjutkan dengan membaca dengan huruf mati. Lakukan hal ini secara bertahap ya Bapak/Ibu, dan tetap bersabar serta lakukan secara rutin agar lebih efektif.

Mengajari Membaca dengan Kata yang Familiar

Setelah anak dapat membaca suku kata, coba belajar membaca kelas 1 dengan kata-kata yang familiar atau sering digunakan dan didengar oleh anak.

Kata-kata yang sudah dikenal akan lebih diingat oleh anak. Saat mengajari Anda juga dapat menunjukkan bendanya.

Contoh seperti, me-ja lalu tunjuk benda, kemudian bantu anak untuk menulis hurufnya ber suku kata. Ulangi lagi bacaanya dan suruh untuk membaca kembali.

Kata familier seperti: bu-ku, a-ku, la-ri, se-pe-da, ba-ju, ce-la-na, ke-re-ta, dll.

Membaca Lantang

Berlatih membaca seperti mengajari anak berbicara, mereka akan dapat memproses huruf dan kemudian membacanya dengan mengeluarkan suara.

Dengan membaca secara lantang maka akan lebih mudah untuk anak mengkombinasikan huruf, kemudian melafalkannya. Selain itu membaca dengan lantang dapat membantu orang tua mengetahui intonasi dan pelafalannya apakah sudah benar.

Saat belajar membaca jangan hanya membacanya saja, tetapi juga biarkan anak berlatih menulis.

Jika anak sudah dapat membaca per suku kata dna telah hafal dengan huruf alphabet. Coba letakkan kata yang mudah seperti “ba”, “tu” lalu buat anak untuk menuliskan kata yang telah disebutkan.

Jika anak kesulitan bantu anka mengingat, seperti “b seperti bebek” (jika belajar mengenal huruf dengan gambar) atau “b perut di depan”.

Itu di tips-tips mengajarkan belajar membaca anak kelas 1 yang dapat dilakukan di rumah, menggunakan alat yang sederhana dan mudah.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *