Don't Show Again Yes, I would!

Tips Cara Membangun Karakter Siswa, Guru Wajib Tahu!

Bapak/Ibu guru sudah tahukah bagaimana cara membangun karakter siswa? Terdapat beberapa tips yang dapat guru terapkan dalam membangun karakter peserta didik dalam pembelajaran.

Selain kemampuan akademik, di zaman sekarang pendidikan karakter menjadi satu program penting. Pendidikan karakter bertujuan untuk membangun karakter generasi muda yang memiliki sifat dan ciri khas baik dalam berperilaku sehari-hari.

Tentu saja untuk membentuk karakter siswa menjadi baik bukanlah perkara yang mudah. Oleh karena itu guru dapat memperhatikan beberapa cara membangun karakter siswa berikut ini.

Tips Membangun Karakter Baik pada Siswa

Karakter menjadi aspek yang penting dan menentukan kualitas perseorangan seseorang.karakter merupakan salah satu ciri khas dari seseorang dalam hal berperilaku sehari-hari. Dengan membangun karakter siswa akan memudahkan siswa untuk bersikap dan bertindak dalam kehidupan sehari-hari.

Karakter siswa dapat dilihat dalam cara belajar, gaya belajar, motivasi belajar hingga kemampuan berpikir. Tujuan dari pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi dan bakat siswa. Selain itu, membiasakan  karakter baik dapat membuat siswa memahami nilai-nilai universal dan tradisi budaya bangsa.

Berikut ini adalah tips cara membangun karakter siswa yang dapat dilakukan oleh guru dalam pembelajaran.

Berikan Contoh yang Baik

Cara membangun karakter siswa yang pertama adalah Bapak/Ibu guru harus dapat memberikan contoh yang teladan dna bagi bagi siswa.

Guru merupakan pengganti orang tua di sekolah, sehingga nasihat, perintah dan perilaku seorang guru dapat dijadikan contoh oleh siswa.

Supaya siswa dapat berlatih tentang penerapan karakter baik, maka guru harus memberikan contoh terlebih dahulu. Seperti menyapa saat bertamu, mengucapkan salam saat masuk dan meninggalkan kelas, serta tidak terlambat masuk kelas.

Hal-hal baik yang dilakukan guru tersebut, secara tidak sadar akan menumbuhkan rasa tanggung jawab pada siswa. Saat guru bersikap sopan, tegas, disiplin dan baik. kemampuan tersebut termasuk manfaat dari guru yang memberikan contoh yang baik.

Memberikan Banyak Kesempatan Berpendapat

Menyampaikan pendapat merupakan salah satu kemampuan yang diperlukan oleh siswa. Karena dengan menyampaikan pendapat maka kamu akan merasa percaya diri dan tentang.

Memberikan banyak kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapat dapat meningkatkan rasa percaya diri yang tinggi pada siswa,

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *