Don't Show Again Yes, I would!

Tips Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2024 Realistis dan Contohnya

Perayaan Tahun Baru 2024 segera tiba, apakah kamu sudah menyiapkan resolusi akhir tahun?.

Artikel kali ini akan menjelaskan bagaimana  cara membuat resolusi Tahun Baru 2024.

Membuat sebuah resolusi tidak hanya terkait dengan keinginan semata, tetapi juga harus realistis dan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Dengan adanya resolusi Tahun Baru 2024, kamu akan merasa lebih semangat memasuki tahun baru.

Cara Membuat Resolusi Tahun Baru 2024

Resolusi adalah hal-hal yang ingin dicapai atau dilakukan seseorang. Sehingga resolusi Tahun Baru 2024 artinya adalah keinginan atau keputusan apa yang imgin dicapai dan dilakukan selama tahun selanjutnya.

Namun, terkadang banyak orang-orang yang tidak dapat berhasil mewujudkan resolusi Tahun Baru. Hal ini dapat disebabkan karena mereka tidak berpikir secara realistis atau karena salah menetapkan tujuan.

Supaya keinginan dan keputusan dapat dilakukan tidak ada salahnya mengikuti tips cara membuat resolusi Tahun Baru 2024 berikut ini.

Harus Realistis

Hal pertama yang menjadi cara membuat resolusi Tahun Baru 2024 adalah harus selalu realistis. Apapun yang kamu rencanakan sesuaikan dengan keadaan dan kemampuanmu sendiri.

Bermimpi besar tidaklah salah, tetapi untuk mencapai hal besar membutuhkan waktu yang lama terkadang satu tahun saja tidak cukup. Jadi, rencananya resolusi tahun Baru berfokus apa yang dapat kamu lakukan selama satu tahun.

Mulai dari Hal Kecil

Untuk membuat resolusi yang realistis, kamu dapat memulai dari hal-hal kecil. Menetapkan target yang tidak terlalu tinggi atau besar akan memungkinkan kamu dapat mewujudkannya.

Cobalah lebih logis tentang apa yang kau inginkan dan keterampilan apa yang kamu miliki. Beberapa resolusi yang sederhana seperti berolahraga 3 hingga 4 kali selama seminggu atau sebulan atau dengan minum jus setiap 2 kali sehari dan lain sebagainya.

Coba Metode SMART

Cara membuat resolusi Tahun Baru 2024 yang utama adalah menentukan tujuan. Dalam menentukan tujuan ini kamu dapat menggunakan metode SMART.

Pengertian metode SMART adalah sebagai berikut ini.

  • Specific, pilih tujuan secara spesifik misal “aku ingin minum jus sayur setiap hari”.
  • Measurable, pilih tujuan yang dapat diukur hasilnya, misal “aku akan turun berat badan 3 kg” .
  • Achievable, pilih tujuan yang dapat dijangkau misal “Misal menabung setiap bulan Rp 200 ribu”.
  • Relevant, pilih tujuan yang relevan atau sesuai dengan kehidupanmu, jangan hanya ikut-ikutan saja.
  • Time bound, tentukan waktu realistis sesuai dengan apa yang ingin dicapai, misal untuk turun berat badan 10 kg dalam satu bulan agaknya tidak realistis, kamu dapat memperpanjang waktunya atau mengurangi pencapain.

Cari Alasan yang Relevan

Penentuan resolusi tahun baru harus memiliki tujuan yang baik, menentukan tujuan harus ada alasan-alasan yang tepat. Apa alasanmu mengambil resolusi akan membuat lebih mudah melakukannya.

Misal resolusi tahun baru ingin menabung setiap bulan, alasannya adalah akhir tahun akan membeli tas baru.

Tentukan Resolusi Secukupnya

Sebaiknya saat membuat resolusi jangan terlalu banyak, hindari menulis terlalu banyak tujuan.

Saat kamu menuliskan banyak tujuan, maka kamu akan kesulitan untuk melakukanya dalam satu waktu dan memberatkan saat dijalankan.

Tentukan resolusi yang paling penting dan utama untuk dilakukan.

Berikan Reward Diri Sendiri

Supaya kamu dapat mencapai semua resolusi yang telah dibuat, tentukan reward atau hadiah untuk diri sendiri.

Rencanakan hadiah kecil yang akan dapatkan saat mencapai satu resolusi. Hadiah tersebut adalah bentuk apresiasi pada dirimu yang suda berhasil mencapai tujuan.

Misal “Aku berhasil turun berat badan” lalu kamu dapat menuliskan reward seperti “traveling”, “staycation”, “membeli baju baru” dan lain sebagainya.

Dengan menentukan reward ini kamu akan lebih semangat dalam mencapai resolusi-resolusi yang telah ditetapkan.

Menjabarkan Keinginan

Keinginan besar akan membuat kamu lebih semangat dalam mencapainya. Apa saja keinginan yang ingin kamu capai dapat ditulis dna dijabarkan.

Kamu dapat menjabarkan keinginanmu lalu menuliskan langkah-langkah untuk mencapainya atau menulis hal-hal yang perlu dilakukan untuk dapat mencapainya.

Misal “Aku akan menurunkan berat badan” caranya “Melakukan intermittent fasting”, “minum jus setiap hari”, “tentukan jadwal makan” dan lain sebagainya.

Buat Menjadi Langkah Praktis

Membuat tujuan atau resolusimu menjadi langkah praktis akan membuat pencapain lebih mudah.

Misal dari pada membuat resolusi “Aku akan mengurangi frekuensi bermain HP” lebih baik menuliskan “Aku akan bermain Hp maksimal 2 jam sehari”.

Tips membuat resolusi tahun baru 2024 lebih praktis membuat kamu lebih mudah melakukannya dan tidak terasa berat. 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *