Don't Show Again Yes, I would!

Tips dan Trik Lulus Seleksi PPG, Guru Wajib Tahu

Apa saja tips dan trik supaya lulus seleksi PPG? Kali ini duniamu.id akan menyajikan beberapa trik supaya dapat lulus dalam seleksi Pendidikan Profesi Guru (PPG).

PPG merupakan salah satu program pendidikan yang bertujuan untuk mencetak generasi baru guru yang profesional memiliki komitmen tinggi dapat menjadi teladan, penuh cinta dan memiliki panggilan hati dalam menjadi tenaga pendidik untuk melakukan pembelajaran.

Tips Lulus Seleksi PPG

Seleksi PPG Daljab maupun Prajab dilakukan dalam beberapa tahapan mulai dari tahap administrasi hingga pengumuman kelulusan. Terdapat hal-hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin lulus seleksi PPG. Dari seleksi administrasi yang harus menyiapkan berbagai dokumen sehingga bagaimana cara mengikuti ujian PPG supaya dapat lulus, terdapat beberapa tips dan trik berikut ini.

Persiapkan Dokumen

Terdapat beberapa dokumen yang akan menentukan apakah kamu dapat lulus seleksi PPG. Menyiapkan dokumen tersebut dapat dilakukan jauh-jauh hati, sehingga sata diperlukan kamu tidak perlu mencarinya atau satu lagi. Beberapa dokumen yang harus kamu siapkan antara lain adalah Kartu Tanda Penduduk (KTP), kartu peserta seleksi akademik PPG, pakta integritas, alat tulis seperti pensil.

Kerjakan Soal Try Out

Mengikuti try out dapat membantu kamu dalam mempersiapkan ujian seleksi. Soal try out akan mengebangkan penguasaan tetang materi dan memprediksi soal-soal yang akan keluar. Terdapat banyak sekali platform yang menyediakan program try out untuk seleksi PPG.

Cukup Istirahat dan Menjaga Kesehatan

Sebelum mengikuti seleksi PPG sebaiknya selalu jaga kesehatan serta mendapatkan cukup istirahat. Jangan sampai sakit menjadi hal yang akan membuat kamu gagal untuk lulus seleksi PPG. Untuk menjaga kesehatan kamu dapat makan makan sehat, tidur dan istirahat yang cukup.

Pastikan Jadwal Seleksi

Jadwal seleksi akademik berlangsung dalam beberapa hari, sebaiknya pastikan kembali har, tanggal dan sesi yang kamu dapatkan. Karena jika kamu sampai terlewat tidak akan bisa masuk dan mengikuti ujian. Untuk terupdate jadwal seleksi selalu pantau pengumuman pada SIMPKB serta laman PPG Kemdikbud secara berkala.

Siapkan Peralatan Ujian

Seleksi akademik PPG berbasis daring domisili, sehingga sangat penting memastikan perangkat yang akan digunakan. Seperti Hp untuk Zoom, Laptop serta koneksi internet. Jangan sampai terjadi kendala karena tidak menyiapkan perangkat dengan baik. pastikan juga jaringan dan koneksi internet bagus, kamu dapat memilih tempat dengan koneksi internet yang stabil.

Pelajari kisi-kisi ujian

Sebelum pelaksanaan seleksi jangan sampai bermalas-malasan. Kamu haru melakukan pelaksanaan ujian. Sehingga utk mempermudah materi apa saja yang akan dipelajari kamu dapat membuka kisi-kisi ujian. Kemudian coba belajar lebih dalam menggunakan media pembelajaran lain.

Buat Catatan Materi dan Latihan Soal

Cara selanjutnya adalah dengan membuat pemetaan materi supaya tidak lupa dan gampang dipelajari. Selain itu, berbanyak latihan soal yang sesuai dengan kisi-kisi yang dipelajari. Jika ada soal yang jawabannya ragu-ragu tandai soalnya kemudian lakukan penjelasan kembali.

Manajemen Waktu

Yang tidak kalah penting cara lulus seleksi PPG adalah dengan memiliki manajemen waktu yang baik. sebisa mungkin kerjakan semua soal jangan tidak mengisinya.

Jika memang dalam mengerjakan soal, terdapat soa yang sulit kamu dapat melewatinya dulu dan beranjak ke pertanyaan lainnya.m

Sisakan 15 Menit untuk Mengoreksi

Saat mengerjakan soal ujian sebaiknya menyediakan waktu sekitar 10 hingga 15 menit untuk mengoreksi kembali soal dan jawaban yang telah dikerjakan. Tujuan mengoreksi adalah memastikan jawaban yang ragu-ragu serta mengecek apakah telah mengerjakan semua soal.

Persyaratan Seleksi PPG 2024

Setelah mengetahui tips dan trik lulus seleksi PPG, kamu juga harus memperhatikan persyaratan seleksi. Syarat seleksi PPG 2024 adalah sebagai berikut ini.

  • Warga Negara Indonesia (WNI)
  • Tidak dan belum pernah terdaftar sebagai Guru/Kepala Sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik) dan Sistem Informasi dan Manajemen Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Kementerian Agama (Simpatika)berusia maksimal 32 tahun
  • Mempunyai kualifikasi ijazah akademik sarjana (S1) atau diploma empat (D IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) atau te data pada basis unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan Perguruan Tinggi Luar Negeri.
  • Mempunyai idnek prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol)
  • Menandatangani pakta integritas
  • Mempunyai surat keterangan berkelakuan baik
  • Mempunyai surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya (NAPZA).

Tata Cara Pendaftaran PPG

Untuk mengikuti seleksi PPG perhatikan tata cara pendaftarannya berikut ini.

Membuat akun di situs resmi PPG atau klik https://ppg.kemdikbud.go.id/.

  • Buat akun
  • Login pada akun yang telah dibuat
  • Isi form pendataan hingga seleksi
  • Masukan data sesuai kenyataan seperti mengisi biodata, data pendidikan dan lain sebagainya
  • Pastikan semua data terisi dan benar lalu kirim data.
  • Jika ada biaya yang harus dibayar maka ikuti instruksi untuk membayar biaya pendaftaran
  • Download kartu tanda peserta ujian
  • Melakukan ujian dengan baik sesuai jadwal yang diumumkan.

Prosedur Pendaftaran

Seleksi PPG dilakukan dalam beberapa tahap antar lain adalah sebagai berikut.

  • Pendaftaran online
  • Seleksi administrasi
  • Pengumuman seleksi administrasi
  • Seleksi Akademik, bakat, minat, kepribadian dan panggilan jiwa
  • Pengumuman hasil seleksi akademik
  • Registrasi online
  • Lapor diri
  • Orientasi awal studi
  • Proses pembelajaran

Demikian adalah tips dan trik yang harus diperhatikan untuk mengikuti seleksi PPG 2024.

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *