Don't Show Again Yes, I would!

Tips Lolos CPNS, Calon ASN Wajib Lakukan Persiapan dengan Baik

Apa saja tips lolos CPNS? Rekrutmen pegawai negeri sipil sebentar lagi akan diadakan, bagi kamu yang bercita-cita menjadi ASN harus tahu nih tips-tips yang dapat dilakukan agar lolos tes CPNS.

Menjadi seorang PNS adalah cita-cita atau keinginan banyak orang. Hal tersebut juga didukung banyak sekali keuntungan yang didapatkan saat kamu menjadi seorang pegawai negeri sipil.

Sehingga banyak juga yang mencari cara atau tips lolos CPNS, tentunya tidak akan semudah itu. Untuk lolos tes CPNS kamu harus tekun melakukan beberapa tips yang akan dibagikan dalam artikel kali ini.

Penasaran tips lolos CPNS itu apa saja? Simak ulasannya berikut ini.

Mengenal CPNS

Guru Profesional Itu Seperti Apa

Sebelum mempelajari tips agar lolos tes CPNS, apakah kamu sudah mengerti apa aja sih tes CPNS itu?.

CPNS atau Calon Pegawai Negeri Sipil merupakan warga negara Republik Indonesia yang telah lulus dalam mengikuti tes seleksi penerimaan CPNS sesuai dengan persyaratan yang berlaku.

Beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) adalah memenuhi kriteria lulus tes CPNS yang berlaku.

Tes CPNS terdapat tiga kategori yaitu Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU) dan Tes Karakter Pribadi (TKP). Tentunya dengan nilai dan standar kelulusan yang telah diatur oleh pemerintah.

Peserta yang mengikuti tes CPNS sangatlah banyak, sehingga kamu harus bersaing dengan ratusan orang. Oleh karena itu mengetahui tips lolos CPNS berikut sangat penting untuk diketahui dan dipelajari.

Tips Lolos CPNS

Tugas Guru Kelas

Untuk menghadapi tes seleksi CPNS kamu harus benar-benar mempersiapkan diri dengan baik. simak tips lolos CPNS berikut ini untuk mempermudah menghadapi seleksi penerimaan nantinya.

Memahami tipe soal dan kisi-kisi materi CPNS

Untuk dapat menghadapi tes seleksi dengan baik maka kamu harus mengenal dan mengenal tipe soal yang akan disajikan untuk tes penerimaan CPNS.

Ini adalah tips lolos CPNS yang perlu kamu perhatikan untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian. Kamu dapat mencari kisi-kisi soal dan materi CPNS pada tahun lalu kemudian mempelajarinya.

Mempelajari standar penilaian dan passing grade kelulusan

Tips lolos CPNS selanjutnya adalah kamu perlu memahami terlebih dahulu standar penilaian ujian dan passing grade kelulusan. Hal ini akan membantu untuk mempersiapkan diri dan mengetahui peluang lulus ujian seleksi CPNS.

Memperhitungkan durasi pengerjaan tes seleksi CPNS

Waktu total yang diberikan untuk menyelesaikan tes SKD CPNS adalah selama 100 menit. Jadi kamu perlu memperhitungkan durasi [penyelesaian soal ini. Perhitungan ini dapat kamu lakukan dengan menentukan standar durasi waktu, misal untuk satu soal kamu perlu mengerjakan sekitar 5 atau 8 menit agar selesai sesuai dengan durasi waktu yang ditentukan.

Banyak belajar dan latihan

Banyak melakukan latihan dan belajar adalah tips lolos CPNS yang sangat penting kamu tekuni dan lakukan. Kamu dapat mengikuti tryout CPNS yang diadakan. Atau jika kamu mengikuti belajar sendiri kamu dapat mengikuti bimbingan dan les menghadapi ujian seleksi CPNS.

Kamu perlu banyak melakukan latihan-latihan mengerjakan soal-soal seleksi CPNS dengan durasi waktu yang sesuai dengan tes aslinya. Hal ini akan mempermudah saat mengerjakan soal nantinya sehingga kamu sudah memiliki persiapan yang matang.

Membuat jadwal belajar

Agar lebih disiplin dalam belajar menghadapi seleksi CPNS kamu perlu membuat jadwal belajar yang rutin dan berkesinambungan.

Hal ini sangat penting bagi kamu yang kesulitan belajar sendiri, kamu dapat membuat jadwal belajar mengenai materi-materi sesuai kisi-kisi seleksi tes CPNS. Misal dalam satu minggu kamu perlu belajar empat kali seminggu dengan durasi belajar satu setengah jam, maka kamu harus tekun dan rutin melaksanakan sesuai jadwal yang telah dibuat.

Ikut atau membuat kelompok belajar

Membuat kelompok belajar bersama dengan teman menjadi salah satu tips lolos CPNS yang dapat kamu terapkan, apalagi jika kamu ternyata kesulitan saat belajar sendiri. Buatlah kelompok belajar bersama temanmu, dan tetapkan materi serta latihan-latihan soal tes CPNS.

Setelah itu kamu dapat membahasnya bersama-sama dan mendiskusikan jawaban-jawaban yang salah.

Persiapkan persyaratan dokumen yang diperlukan

Untuk mengikuti tes CPNS kamu perlu menyiapkan beberapa dokumen untuk mendaftarkan diri. Kamus apat mempersiapkan dokumen-dokumen tersebut terlebih dahulu agar saat mendatar tidak terburu-buru. Karena kelengkapan dokumen menjadi salah satu syarat untuk dapat mendaftar tes seleksi CPNS.

Tips persiapan saat seleksi tes CPNS

Penjelasan Komponen CP ATP

Selanjutnya tips lolos CPNS adalah mempersiapkan diri dengan baik, lalu apa saja persiapan yang perlu dilakukan saat seleksi CPNS.

Ketahui lokasi tes CPNS

Sebelum mengikuti seleksi tes CPNS, pastikan dahulu dimana lokasi tes yang kamu dapatkan. Persiapan alat transportasi yang akan kamu gunakan untuk menuju lokasi. Perhitungkan juga tentang kemacetan, tarif kendaraan karena hal-hal tersebut dapat menjadi penghalang. Jangan sampai kamu telat untuk menuju lokasi.

Istirahat cukup dan makan-makanan bergizi

Tips lolos CPNS selanjutnya adalah kamu perlu mempersiapkan fisik dirimu dengan baik, istirahat yang cukup sebelum datang ke seleksi tes CPNS. Makan-makanan yang bergizi agar kamu mendapatkan energi saat mengerjakan ujian.

Jika kamu terlalu gugup atau memaksakan diri dalam belajar dapat membuat kamu sakit sebelum seleksi, jangan sampai kamu jatuh sakit saat mengikuti seleksi atau ujian CPNS.

Meminta restu orang tua dan berdoa

Jangan lupa untuk meminta restu orang tua saat seleksi tes CPNS, selai berusaha tips lolos CPNS lainnya adalah kamu harus selalu berdoa agar di mudah kan mengerjakan ujian.

Jangan tergesa-gesa dan tetap tenang

Tips lolos CPNS terakhir adalah kamu perlu mempertahankan ketenangan agar tidak terburu-buru saat mengerjakan soal-soal ujian. Jika kamu terlalu tergesa-gesa kemungkinan kamu akan kehilangan fokus.

Jadi diperlukan ketenangan dan perhatikan durasi waktu saat mengerjakan soal ujian CPNS,

 

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *