Don't Show Again Yes, I would!

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah yang Diinginakan

Melanjutkan studi pada perguruan tinggi merupakan impian sebagai orang. Namun, terkadang impian itu harus padam, karena masalah ekonomi. Tetapi perlu sobat ketahui bahwa terdapat berbagai jenis beasiswa yang dapat diikuti. Sehingga ada beberapa tips untuk mendapatkan beasiswa kuliah yang perlu sobat ketahui.

Beasiswa secara umum merupakan program yang diberikan kepada siswa dan siswi terbaik dan memiliki kemampuan yang baik. Beasiswa dapat berupa bantuan biaya kuliah, bantuan biaya hidup dan lain sebagainya.

Untuk memperoleh suatu beasiswa terdapat syarat dan ketentuan masing-masing. Tetapi, tidak ada salahnya untuk memperhatikan beberapa tips mendapatkan beasiswa kuliah berikut ini.

Tips dan Trik Mendapat Beasiswa

Membuat Daftar Beasiswa

Terdapat banyak sekali lembaga yang menyediakan beasiswa kuliah, seperti dari pemerintahan Beasiswa Unggulan, atau beasiswa Bank BCA, beasiswa dari ASTRA, dan lain sebagainya.

Sehingga untuk mendapatkan beasiswa kuliah kamu harus mengetahui program beasiswa yang ingin dimasuki. Dengan cara, membuat daftar beasiswa yang sesuai dengan kemampuan dan minat. Kemudian kamu dapat menandai beasiswa yang ingin kamu dapatkan dan memperhatikan persyaratan serta ketentuannya.

Update Informasi

Setelah menentukan beasiswa apa yang akan kamu tuju, kamu harus memantau segala informasi yang dikeluarkan. Caranya adalah dengan mengikuti akun media sosial atau sering cek website resmi lembaga pemberi beasiswa.

Hal ini dilakukan untuk memastikan kamu tidak ketinggalan informasi beasiswa tersebut, seperti tanggal pendaftaran, persyaratan, apa yang harus dipersiapkan dan lain sebagainya.

Aktif Mengikuti Organisasi

Saat mendaftar beasiswa kamu harus melengkapi berkas dan dokumen pendukung, salah satunya adalah pengamalan organisasi. Dengan mengikuti organisasi di sekolah atau mendapatkan penghargaan dari organisasi seperti ekstrakurikuler akan mendukung peluang kelulusan mendapatkan beasiswa.

Hal ini dapat dilakukan adik-adik mulai dari SMA/SMK untuk lebih aktif berorganisasi. Namun, bagi yang sudah tidak memiliki waktu untuk mengikuti ekstrakurikuler dapat mengikuti kegiatan ;lain seperti menjadi volunteer kegiatan masyarakat, menciptakan kreasi budaya, berinovasi dan melakukan riset. Hal-hal tersebut dapat dimasukkan sebagai portofolio untuk mendaftar beasiswa kuliah.

Lengkapi Persyaratan

Jika kamu ingin mendapatkan beasiswa kuliah maka harus menentukan beasiswa apa yang akan kamu ambil. Kemudian pelajari dan lengkapi persyaratannya yang diajukan. Kamu dapat melihat informasi pada situs resmi pemberi beasiswa kemudian melihat apa saja persyaratan untuk mendaftar.

Persiapkan Jauh-jauh Hari

Jika kamu telah mengetahui persyaratan apa saja yang dibutuhkan, kamu dapat mempersiapkan diri jauh-jauh hari. Tidak perlu menunggu jadwal pendaftaran. Lebih baik menyiapkan kebutuhan pendaftaran yang akan digunakan. Kemudian jangan lupa untuk mempelajari tes dan ujian apa saja yang akan dilakukan untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Meningkatkan Kemampuan Bahasa Inggris

Beberapa beasiswa kuliah mensyaratkan para pendaftarannya untuk dapat berbahasa Inggris dengan lancar, yang dibuktikan dengan nilai tes TOEFL atau tes bahasa Inggris lainnya. Sehingga penting untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris.

Apalagi jika kamu mengincar beasiswa kuliah keluar negeri, maka kamu harus mendapatkan nilai TOEFL yang baik antara 45- hingga 500. Untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris kamu dapat mengikuti pelatihan atau belajar lewat berbagai aplikasi online.

Meminta Rekomendasi Dosen

Jika kamu mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa yang tepat, kamu dapat meminta rekomendasi dari dosen atau kakak tingkat yang sudah pernah mendapatkan beasiswa. Kamu juga akan mendapatkan beberapa tips yang diberikan dosen serta bagaimana cara agar mendapatkan beasiswa.

Mencari pengalaman Sesuai Bidang

Pengamalan yang sesuai dengan bidang yang kamu pelajari akan menjadi poin pendukung dan membuat peluang mendapatkan beasiswa lebih besar. Misal kamu melanjutkan studi tentang Ilmu Komunikasi, maka kamu dapat mencantumkan pengalaman yang relevan seperti menghadiri konferensi, menjadi pembicara pada seminar, mengikuti seminar dan lain sebagianya .

Latihan Interview

Biasanya setelah mengikuti dan lulus dalam seleksi akademik, kamu akan melanjutkan pada sesi wawancara atau interview. Nah, pada tahap ini tidak sedikit pula yang gugur. Sehingga perlu dipersiapkan dengan baik.

Saat wawancara ini kamu akan diuji bagaimana karakter dan kesiapan mu apakah kamu layak mendapatkan beasiswa tersebut. Untuk mempersiapkan diri kamu dapat mencari contoh pertanyaan interview beasiswa kemudian mempelajari jawaban-jawaban yang tepat.

Membuat Esai yang Menarik

Kamu dapat menceritakan tentang kelebihan yang dimiliki lewat sebuah esai yang unik dan autentik. Isi dari esai kamu dapat menceritakan pengalaman pribadi atau tantangan yang harus dihadapi untuk mendapatkan beasiswa.

Perluas Jaringan

Untuk mendapatkan informasi beasiswa yang terupdate kamu dapat memperluas jaringan hubungan. Banyak lakukan diskusi dengan alumni penerima beasiswa atau meminta nasihat dari dosen. Kamu juga dapat bergabung pada grub-grub beasiswa.

 Rekomendasi Beasiswa Kuliah

Setelah mempelajari berbagai tips mendapatkan beasiswa kuliah, hal pertama yang dapat kamu lakukan adalah menentukan beasiswa apa yang diikuti. Berikut ini adalah beberapa beasiswa yang dapat kamu jadikan inspirasi.

KIP Kuliah

Beasiswa ini merupakan beasiswa S1 yang mencakup biaya kuliah, biaya hidup, hingga kebutuhan studi lainnya. Beasiswa ini ditujukan pada siswa SMA/SMK/SLTA yang ingin melanjutkan studi di perguruan tinggi tetapi terdapat kendala ekonomi.

Beasiswa Unggulan

Beasiswa Unggulan merupakan program dari Kemendikbud Ristek, terdapat empat jenis beasiswa unggulan yang dapat diikuti. Bahkan beasiswa ini juga dibuka untuk penyandang disabilitas serta pegawai Kemendikbud Ristek.

Beasiswa S1 BCA Finance

Beasiswa ini merupakan program dari BCA Finance yang menyediakan bantuan biaya pada siswa yang ingin melanjutkan pendidikan pada jenjang Sarjana. Beasiswa ini dibuka untuk seluruh mahasiswa Perguruan Tinggi negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta.

Beasiswa LPDP

Bagi kamu yang ingin memerlukan studi ke jenjang S2, LPDP adalah program yang sudah terkenal banyak menghasilkan lulusan luar negeri. 

 

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *