Don't Show Again Yes, I would!

Tips Mengajar Bahasa Inggris pada Anak Sekolah Dasar, Efektif dan Menyenangkan untuk Siswa

Bahasa Inggris menjadi salah satu muatan pada semua tingkatan sekolah membuktikan pentingnya dapat berbahasa Inggris. Hal tersebut juga dikarenakan bahasa Inggris menjadi bahasa Internasional. Bagi beberapa anak belajar bahasa Inggris menjadi salah satu pelajaran yang disukai. Namun, ada juga anak yang akan kesulitan saat belajar bahasa Inggris di kelas. Untuk mengatasi hal tersebut maka guru harus dapat mencari cara mengajar bahasa Inggris yang efektif dan mudah bagi anak-anak untuk mengerti.

Khususnya pada anak SD dimana mereka akan lebih sulit untuk diajak kompromi, guru harus tahu benar metode mengajar bahasa Inggris yang cocok untuk anak SD. Untuk meningkatkan kemampuan anak SD dalam berbahasa Inggris maka berikut kami sajikan tips mengajar bahasa Inggris pada anak SD yang efektif.

Mengajar bahasa Inggris anak SD dengan efektif

Mengubah pelajaran menjadi lagu

Tips pertama dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, Anda dapat mencoba mengubah materi pelajaran menjadi sebuah lagu. Anak-anak usia 5 hingga 11 akan lebih mengingat sesuatu yang menyenangkan. Oleh karena itu mereka akan lebih dapat memahami kosakata bahasa Inggris jika dinyanyikan.

Dengan menyanyi  akan lebih menyenangkan dan menambah motivasi siswa untuk dapat belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Beberapa lagu yang cocok untuk mengajar bahasa Inggris adalah If You’re Happy, Rain-Rain Go Away, Twinkle Twinkle Little Star dan masih banyak lagi.

Tidak harus menggunakan lirik asli guru dapat memodifikasi liriknya sesuai materi pelajaran kemudian bersama-sama membuat lagu untuk menghafalkan kosakata.

Mengajarkan topik yang menarik dan menyenangkan

Ketika mengajar bahasa Inggris maka lebih baik memilih topik dari ringan terlebih dahulu, saat menjelaskan guru juga harus dapat menyajikan pelajaran dengan menarik.

Materi-materi seperti anggota tubuh, nama-nama hewan, nama-nama pekerjaan, itu semua adalah beberapa materi mudah yang dapat mengasah kemampuan berbahasa Inggris.

Mengawali kelas dengan dialog spontan atau konsisten

Untuk membiasakan anak-anak khususnya yang berusia 7 hingga 11 tahun guru dapat memulai pelajaran dengan dialog yang mudah, seperti bagaimana kabarmu? Apa yang kamu lakukan di akhir pekan? Siapa yang sudah siap belajar?.

Guru juga harus dapat mendorong siswa untuk terbiasa menggunakan kosakata bahasa Inggris. Tambahkan kosakata baru setiap pembelajaran untuk memperbanyak kosakata siswa.

Jangan selalu terpaku pada grammar

Grammar memang salah satu materi penting dalam proses mengajar bahasa Inggris dan penting untuk dipelajari. Namun, bagi anak-anak SD yang masih mulai belajar grammar dapat dinilai sebagai materi yang sulit, sehingga menurunkan minat siswa untuk memulai pembelajaran.

Guru dapat mengajarkan tentang memulai percakapan sehari hari yang mudah dipahami, kemudian pelan-pelan sisipkan mengenai grammar.

Berikan pujian dan dorongan pada siswa

Bahasa Inggris memang bukan bahasa yang biasa digunakan sehari-hari, sehingga akan ada siswa yang enggan mengucapkan atau malu saat berbahasa Inggris. Dalam hal ini guru harus mengajar bahasa Inggris dengan memberikan dorongan secara reguler pada siswa untuk percaya diri.

Sesekali berikan pujian atas pencapaian siswa meskipun itu bukan hal yang besar, angan sampai menjadikan siswa berkecil hati dan benci dengan pelajaran atau materi yang diajarkan selama proses pembelajaran.

Mengulang pembelajaran sebelumnya

Pengulangan materi sebelumnya dapat mendorong siswa untuk tetap ingat dengan pelajaran yang sudah dilalui. Saat mengajar bahasa Inggris akan banyak kosakata baru yang dipelajari siswa, nah agar kosakata baru tersebut tidak hilang. Guru dapat mengulangi lagi di pelajaran minggu depan.

Dengan cara bertanya pada siswa kosakata apa yang telah dipelajari pada materi sebelumnya, jadikan tanya jawab ini menyenangkan jangan menjadikan siswa takut untuk menjawab.

Coba mengajar di luar kelas

anak-anak SD cenderung cepat bosan apalagi jika hanya menyimak dna mengerjakan tugas di dalam kelas. Sesekali dalam mengajar bahasa Inggris guru dapat mengajak siswa untuk belajar diluar ruangan.

Mencari kosakata bahasa Inggris yang berhubungan dengan kehidupan sehari hari dan lingkungan sekitar dapat menjadikan siswa lebih aktif dan tertarik untuk belajar bahasa Inggris.

Selain itu siswa akan merasa bahwa belajar bahasa Inggris adalah sesuatu yang menyenangkan.

Terapkan pembelajaran dengan permainan

Metode pembelajaran dengan permainan efektif diterapkan dengan kontrol kelas yang baik oleh guru. Sehingga pembelajaran yang menerapkan permainan untuk mengajar bahasa Inggris dapat diterapkan oleh guru.

Anak-anak apalagi SD akan lebih antusias saat diajak bermain sambil belajar daripada harus duduk di kelas dan mendengarkan penjelasan.

Beberapa permainan untuk mengajar bahasa Inggris

Salah satu metode mengajar bahasa Inggris pada anak SD yang dapat diterapkan adalah menggunakan permainan. Berikut ini beberapa games yang dapat diterapkan guru untuk mengajar bahasa Inggris,

Tebak gambar

Permainan ini akan memancing siswa untuk lebih aktif dan berperan dalam pembelajaran, guru dapat menyiapkan flashcard dengan beberapa kosakata yang berhubungan dengan materi saat itu.

Kemudian siswa kan berlomba menebak, dan mengumpulkan poin, gambar yang digunakan dapat berupa noun, verb atau adjective.

Simon says

Permainan bahasa Inggris yang populer seperti simon says dapat diterapkan guru, permainan mudah dilakukan dan dapat dilakukan secara kelompok.

Cara memainkan adalah guru menyebutkan perintah dalam bahasa Inggris seperti “bring a pen”, atau “stand up” kemudian siswa harus melakukan sesuai perintah yang diberikan. Namun siswa hanya boleh melakukan perintah jika perintah diawali dengan kata simon says.

Membaca buku cerita

Salah satu aktivitas menyenangkan adalah membaca buku cerita namun metode ini lebih efektif diterapkan untuk siswa kelas 4,5, atau 6. Guru dapat mengajak siswa membaca teks bersama kemudian diterjemahkan bersama-sama.

Untuk cerita yang dipilih lebih baik memilih cerita yang yang singkat dengan kosakata yang mudah dipahami. 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *