Don't Show Again Yes, I would!

Tips Mengelola Kelas yang Baik dan Tujuannya, Guru Wajib Tahu!

Menjadi seorang guru harus dapat mengelola kelas dengan baik supaya proses pembelajaran dapat berlangsung dengan kondusif dan dapat mencapai kompetensi belajar.

Dengan teknik pengelolaan kelas yang baik maka tujuan pembelajaran juga akan tercapai dengan efektif dan efisien.

Cara mengelola kelas yang baik akan menentukan apakah kegiatan belajar telah berlangsung dengan. Tentu hal ini juga bermanfaat bagi peserta didik, sehingga mereka dapat menerima pembelajaran yang dapat dipahami dengan mudah.

Sebagai guru akan menjadi kebanggaan tersendiri jika berhasil mengelola kelas dengan baik dan dapat memenuhi tujuan pembelajaran.

Terdapat beberapa tips yang dapat guru terapkan untuk dapat mengelola kelas dengan baik, untuk mempelajari tipsnya simak ulasan berikut ini.

Tujuan Mengelola Kelas

Dapat mengelola kelas yang baik merupakan salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh seorang tenaga pendidik. Mengelola kelas secara efektif memiliki beberapa tujuan dalam pembelajaran.

Berikut ini adalah tujuan pengelolaan kelas.

  • Menciptakan kondisi dan situasi kelas yang kondusif dan nyaman untuk belajar.
  • Mengatur dan menyediakan fasilitas belajar yang sesuai dengan proses pembelajaran.
  • Menghilangkan hambatan dalam proses pembelajaran.
  • Mewujudkan proses belajar mengajar yang efektif dan efisien.
  • Membantu mewujudkan pencapaian tujuan dan kompetensi pembelajaran.
  • Membuat peserta didik tertib dan dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik.

Tips Mengelola Kelas

Beberapa hal dapat menjadi cara yang memudahkan guru dalam mengelola kelas yang baik. dalam mengelola kelas, guru juga harus memperhatikan aspek-aspek yang dapat mempengaruhi seperti tata ruang, model pembelajaran hingga media pembelajaran yang akan digunakan.

Berikut ini adalah beberapa tips atau cara untuk guru supaya dapat mengelola kelas yang baik.

Penguasaan materi pembelajaran

Untuk dapat mengelola kelas yang baik, maka seorang guru harus menguasai materi pembelajaran dengan baik. penguasaan terhadap materi pembelajaran ini akan membuat guru merasa percaya diri saat mengajar.

Guru juga harus menyiapkan jika ada peserta didik yang bertanya sehingga dapat menjawab pertanyaan tersebut. Dengan menguasai materi dengan baik maka peserta didik juga akan merasa percaya pada guru.

Membuat aturan dan prosedur

Untuk membuat kelas kondusif, aturan dan prosedur saat melakukan kegiatan pembelajaran perlu dibuat. untuk membuat aturan dan prosedur di dalam kelas, guru dan mendiskusikannya bersama dengan peserta didik. Hal ini supaya peserta didik tidak merasa bahwa guru terlalu otoriter.

Aturan harus dibuat dengan jelas dan membantu menciptakan ruangan kelas yang teratur dan tertib. Mendiskusikan aturan bersama peserta didik juga dapat melatih mereka tentang kedisiplinan dan tanggung jawab.

Penataan Ruang Kelas

Penataan ruang kelas berhubungan juga dengan pengelola kelas yang baik. karena dengan penataan yang baik akan membuat peserta didik nyaman.

Tempat duduk peserta didik harus dikondisikan agar guru dapat memandang dan memperhatikan setiap siswa. Tempat duduk peserta didik dapat diubah dalam waktu tertentu supaya peserta didik dapat berbaur dengan semua teman yang berada di kelas yang sama.

Keestetikan kelas juga perlu diperhatikan, karena dengan suasana yang enak dipandang peserta didik juga akan betah dan nyaman saat belajar.

Kebersihan kelas juga salah satu aspek dari penataan ruang, oleh karena itu pastikan kelas dalam kondisi sudah bersih sebelum pembelajaran.

Bersemangat saat Awal Masuk

Kesan pertama sangat menentukan, untuk mengelola kelas yang baik, maka guru juga perlu bersemangat saat melakukan kegiatan mengajar..

Saat awal masuk usahakan dengan keadaan hati yang baik, dan bersemangat saat menyapa siswa-siswi nya. Karena dengan semangat yang baik akan tersalurkan pada peserta didik.

Strategi Belajar Aktif

Menerapkan strategi pembelajaran yang mendorong peserta didik untuk aktif merupakan salah satu cara mengelola kelas yang baik.

Pembelajaran berbasis masalah atau proyek yang dapat memancing peserta didik untuk aktif akan membuat peserta didik mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Saat peserta didik sibuk dengan proses pembelajaran yang bermakna, maka kelas akan dapat dikelola dengan baik dan terkondisikan dengan baik.

Humor saat Mengajar

Kelas yang terlalu kaku atau terlalu rendah pengawasan dapat memuat situasi kelas tidak kondusif. Saat proses pembelajaran guru dapat memberikan humor sehingga peserta didik merasa dekat dan nyaman dalam menerima pembelajaran.

Humor dapat diterapkan dengan mengajak peserta didik untuk tertawa bersama. Hal kecil seperti bercerita atau menceritakan kejadian yang menarik dapat dilakukan dalam membangun hubungan dengan peserta didik, humor di dalam kelas juga dapat diterapkan dengan melakukan ice breaking yang seru dan menyenangkan saat kelas sudah mulai tidak kondusif.

Cepat Lakukan Tindakan saat Kelas Mulai ribut

Jika menemukan ada keributan saat proses pembelajaran maka guru jangan membiarkannya begitu saja. Guru dapat menerapkan hukuman seperti yang telah disepakati bersama dengan peserta didik.

Saat ada peserta didik yang mulai ramai, segera lakukan tindakan seperti menegur atau menanyakan mengapa peserta didik membuat keributan. Hal-hal seperti ini perlu dilakukan untuk tetap menjaga kedisiplinan peserta didik,

Kelola Waktu Efektif

Untuk dapat mengelola kelas yang baik guru harus dapat menerapkan waktu secara efektif. Proses pembelajaran harus dijalankan secara terstruktur. Mengelola  waktu belajar menjadi salah satu strategi dalam mengajar. Pastikan transisi waktu dikerjakan dengan baik dan terlaksana sesuai rencana pembelajaran.

Memilih Metode Pembelajaran

Pemilihan strategi belajar seperti model pembelajaran dana metode pembelajaran menjadi cara lain untuk guru agar dapat mengelola kelas yang baik.

Metode pembelajaran yang tepat akan mendorong tercapainya tujuan pembelajaran dan membuat peserta didik dapat menguasai kompetensi belajar yang ada.

Dalam memilih metode pembelajaran pastikan sesuai dengan materi pelajaran dan karakteristik siswa.

Mempersiapkan Peserta Didik

Salah satu faktor mengapa kondisi kelas menjadi tidak terkontrol adalah karena kurangnya kesiapan belajar dari peserta didik. Tips mengelola kelas yang baik selanjutnya adalah guru harus dapat mempersiapkan peserta didik dengan baik sebelum pembelajaran dimulai.

Persiapan ini dapat dilakukan dengan memberikan apersepsi yang baik untuk mendorong rasa ingin tahu peserta didik, guru juga harus mempersiapkan komponen mengajar seperti media pembelajaran dengan baik.

Tetapkan Konsekuensi dengan Adil

Saat menerapkan konsekuensi seperti hukuman lakukan dengan adik dan tidak membeda-bedakan. Ini menjadi tips mengelola kelas yang baik, karena jika guru membeda-bedakan  peserta didik akan timbul rasa ketidakpuasan peserta didik pada proses pembelajaran yang akan dilakukan.

Oleh karena itu guru harus dapat menjaga keseimbangan pemberian pujian dan hukuman juga harus sesuai dengan tindakan yang dilakukan oleh peserta didik.

Demikian adalah tips mengelola kelas yang baik untuk guru, yang mudah dilakukan dan diterapkan untuk menjaga kualitas pembelajaran tetap efektif.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *