Don't Show Again Yes, I would!

Tips dan Trik Cepat Diangkat Menjadi PNS dan PPPK Bagi Fresh Graduate Pada Jurusan Pendidikan

DUNIAMU.IDSalah satu dari sekian banyak profesi yang menjadi impian banyak orang adalah guru yang telah menjadi PNS atau PPPK. Karena profesi guru yang telah mendapatkan status sebagai PNS dan PPPK akan memiliki pendapatan dan kesejahteraan yang telah dijamin oleh negara. PNS dan PPPK juga termasuk ke dalam salah satu ASN (Aparatur Sipil Negara).

Sejak tahun 2021 lalu, alur rekrutmen ASN mengalami perubahan. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang tips dan trik agar cepat diangkat menjadi PNS dan PPPK khususnya bagi fresh graduate pada jurusan pendidikan. Dilansir dari klikpendidikan.id berikut ini tips dan trik agar cepat menjadi guru ASN (PNS dan PPPK):

Mengikuti Program PPG (Pendidikan Profesi Guru)

Pendidikan Profesi Guru merupakan pendidikan yang diselenggarakan setelah program sarjana atau sarjana terapan untuk mendapatkan sertifikat pendidik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Salah satu jalan yang dapat ditempuh oleh fresh graduate jurusan pendidikan adalah dengan mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan. Tujuan penyelenggaraan Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan adalah untuk menghasilkan guru profesional yang beradab, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif, dan kompetitif serta berkontribusi terhadap kemajuan pendidikan di Indonesia.

Bagi fresh graduate yang telah mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan dan mendapatkan sertifikat pendidik, akan sangat membantu ketika mengikuti rekrutmen guru ASN baik PNS atau PPPK. Karena kepemilikan sertifikat pendidik akan memberikan nilai yang sempurna pada ujian kompetensi teknis.

Selain Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan, terdapat juga Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan. Program ini diberikan bagi guru-guru yang telah menjadi ASN. Oleh karena itu lebih baik mengikuti Program Pendidikan Profesi Guru Prajabatan sebelum melamar menjadi guru.

Bersedia Ditempatkan Di Daerah 3T (Tertinggal Terdepan dan Terpencil)

Daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terpencil) merupakan wilayah yang tidak terlepas dari adanya sistem pembangunan yang tidak merata. Daerah 3T juga disebut sebagai wilayah yang dinilai masih memerlukan bantuan dalam berbagai sektor termasuk pendidikan, kesehatan, ekonomi, dan kebijakan dalam skala nasional lainnya. Permasalahan yang paling utama di daerah 3T adalah tentang pendidikan, di daerah 3T belum sepenuhnya menjangkau seluruh lapisan masyarakat terutama masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan.

Kebutuhan guru di daerah 3T juga masih banyak yang belum terisi. Data yang disebutkan oleh Kementerian PANRB menyebutkan bahwa terdapat 100.000 formasi guru di daerah 3Y belum terisi sehingga kebutuhan guru masih belum terpenuhi. Bagi anda yang ingin menjadi guru ASN, anda dapat melamar di daerah 3T karena kemungkinan diterima akan sangat tinggi.

Setelah diterima sebagai ASN dan menetap beberapa tahun di daerah 3T, anda dapat mengajukan mutasi ke daerah yang lebih dekat dengan tempat tinggal anda. Menjadi guru di daerah 3T juga akan mendapatkan intensif dari pemerintah sebagai kompensasi atas segala kesulitan yang dialami selama mengajar di daerah 3T.

Menjadi ASN atau tidak menjadi ASN sekalipun, profesi guru merupakan salah satu profesi yang mulia. Tujuan utama guru adalah mencerdaskan kehidupan anak bangsa. Semoga tips dan trik yang telah dibahas tadi dapat bermanfaat bagi anda, terutama fresh graduate jurusan pendidikan yang ingin mendaftarkan diri sebagai ASN. 

 

 

Share:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *