Don't Show Again Yes, I would!

Trik Membuka Pelajaran Bagi Guru untuk Tingkatkan Semangat Siswa

Salah satu keterampilan yang harus dimiliki guru adalah dapat membuka pelajaran untuk mempersiapkan siswa agar siap memulai dan menerima pelajaran. Pembelajaran akan berjalan dengan efektif saat siswa siap menerima pelajaran yang akan disampaikan guru.

Ada banyak cara dalam membuka pelajaran yang efektif untuk meningkatkan minat dan semangat siswa untuk memulai proses pembelajaran. Guru dapat memberikan motivasi dan dorongan pada siswa dengan cara-cara yang menyenangkan.

Membuka pelajaran merupakan keterampilan penting bagi guru yang harus dikuasai, memulai pelajaran memberikan gambaran nyata untuk pelajaran yang akan dilaksanakan. Kegiatan tersebut juga membantu siswa untuk mengetahui kesiapan anak didiknya untuk menerima materi. Kegiatan membuka dan memulai pelajaran juga memberikan informasi pada guru tentang kondisi kelas dan siswanya.

Lalu bagaimana cara membuka pelajaran yang efektif untuk meningkatkan semangat siswa? Berikut ini kami saksikan trik untuk membuka pelajaran dengan baik.

Tujuan membuka pelajaran

Kegiatan membuka pelajaran yang merupakan keterampilan guru mempunyai tujuan penting untuk menunjang kegiatan belajar mengajar, khususnya bagi siswa. Saat guru memulai pelajaran dengan baik maka siswa juga akan dapat menerima pelajaran dengan baik. Selain untuk siswa, kegiatan ini juga bermanfaat bagi guru untuk menilai kondisi siswa.

Sehingga, tujuan membuka pelajaran dengan baik perlu dikuasai oleh guru. Sedangkan tujuan membuka pelajaran dengan baik adalah sebagai berikut.

  • Menumbuhkan dan membangkitkan motivasi dan minat siswa
  • Menyiapkan mental siswa untuk memasuki kegiatan inti proses pembelajaran
  • Memberikan gambaran umum tentang materi atau kegiatan pelajaran yang akan dilakukan
  • Membangkitkan dan mendorong rasa ingin tahu siswa
  • Menumbuhkan semangat siswa untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar dengan baik
  • Mengingatkan kembali pada materi pelajaran yang sebelumnya

Prinsip membuka pelajaran

Dalam membuka pelajaran yang baik terdapat beberapa prinsip yang dapat diterapkan oleh guru agar kegiatan pembelajaran semakin efektif. Berdasarkan Marno dan Idris (2008) berikut ini prinsip membuka pelajaran dengan baik.

  • Singkat, pada dan jelas
  • Tidak mengulang-ulang atau berbelit-belit dalam penyampaian
  • Memakai bahasa yang mudah dipahami siswa, disesuaikan dengan tingkatan sekolah
  • Memberikan contoh atau ilustrasi agar siswa lebih memahami
  • Menarik perhatian siswa dengan cara cara tertentu

Trik dan cara membuka pelajaran efektif

Untuk menumbuhkan semangat siswa terhadap proses pembelajaran maka kegiatan membuka pelajaran harus dilakukan dengan baik.

Ibu/Bapak guru dapat menggunakan trik dan cara berikut ini untuk membuka pelajaran secara baik dan menumbuhkan minat serta semangat siswa.

Beri salam dan sapaan dengan kehangatan dan penuh semangat

Ketika membuka pelajaran dan memulai kegiatan belajar guru sebaiknya mengawali dengan salam dan menyapa siswa dengan penuh semangat. Hal ini akan menumbuhkan juga semangat siswa untuk memulai pelajaran.

Siswa akan terpanggil untuk menjawab salam dengan penuh semangat pula, trik yang dapat dilakukan guru adalah guru dapat membuat sapaan khas seperti mengawali pelajaran dengan kata-kata “Semangat Semangat Semangat” jika guru berkata demikian siswa harus menjawab pula dengan kata tersebut. Atau guru dapat membuat kata-kata motivasi lainya yang dapat menarik semangat siswa.

Melakukan ice breaking sederhana

Kewajiban Siswa di Sekolah

Salah satu kegiatan menyenangkan yang dapat memecah suasana agar siswa lebih nyaman dan semangat adalah melakukan ice breaking sederhana.

Kegiatan ini dapat pula dilakukan saat memulai pelajaran, memulai pelajaran dengan menyenangkan akan menumbuhkan semangat siswa dan mendekatkan guru dengan siswa. Guru dapat melakukan ice breaking sederhana dengan melakukan games-games mudah yang melibatkan siswa untuk aktif.

Membuat kaitan materi pelajaran dengan kehidupan nyata

Menghubungkan materi pelajaran dengan kehidupan sehari-hari dapat membuat pemahaman siswa lebih baik untuk mempelajari materi pelajaran. Guru dapat mengambil contoh-contoh yang menarik atau menceritakan suatu kejadian yang berhubungan dengan materi yang akan diajarkan.

Trik dalam hal ini yaitu guru dapat memberikan pertanyaan apersepsi mengenai materi pelajaran yang akan dijelaskan terlebih dahulu. Hal tersebut juga memberikan gambaran pada guru mengenai pemahaman awal siswa. Pertanyaan yang diajukan akan menarik minat dan rasa keingintahuan siswa.

Kemudian guru juga dapat menarik garis besar isi pelajar minggu sebelumnya, kegiatan mengulang kembali ini bertujuan agar siswa tidak melupakan pelajaran kemarin dan sudah siap untuk menerima materi baru atau materi yang berhubungan dengan pelajaran minggu kemarin.

Mengajak atau memberikan tantangan

Rasa ingin tahu siswa dapat tumbuh dengan adanya tantangan atau permasalahan yang harus diselesaikan. Uru dapat memberikan tantangan saat membuka pelajaran, hal ini akan memancing kompetensi pada siswa.

Secara tidak langsung tantangan yang menarik akan memberikan motivasi siswa untuk lebih dalam mempelajari sebuah materi pelajaran.

Melakukan demonstrasi atau percobaan mendadak

Fungsi RPP Bagi Guru Dan Siswa

Saat memulai pelajaran setelah kegiatan pembuka guru dapat memberikan kegiatan kejutan seperti demonstrasi atau percobaan. Yang tentunya ini akan membangkitkan rasa ingin tahu siswa. Guru dapat secara langsung memberikan percobaan kemudian siswa akan mengamati dengan rasa ingin tahu.

Setelah itu guru dapat mengajukan pertanyaan awal terkait percobaan dan demonstrasi yang dilakukan untuk mengetahui pendapat siswa. Barulah kemudian masuk pada inti kegiatan pembelajaran.

Pemberian reward

Untuk trik membuka pelajaran dengan memberikan reward dapat diterapkan pada siswa sekolah dasar antara kelas 1 hingga 3. Karena terkadang pada tingkat tersebut siswa masih suka bermain sehingga reward dapat mendorong siswa untuk lebih berkonsentrasi.

Tidak perlu hal istimewa guru dapat memberikan sesuatu seperti alat tulis, atau dengan metode skor. Guru akan memberikan skor pada siswa yang dapat menjawab pertanyaan apersepsi dengan baik. skor ini kemudian akan dikumpulkan selama satu minggu. Dan yang paling banyak mendapatkan skor setelah seminggu akan diberi reward atau hadiah.

 

 

Share:

Lala

seorang penulis artikel yang telah memiliki pengalaman selama 2 tahun di bidang content writing. Dengan keahlian yang terus berkembang, dia mampu menyajikan informasi secara jelas dan menarik. Dengan dedikasinya dalam dunia penulisan, Koci telah mengumpulkan beragam pengalaman, termasuk penelitian, pengoptimalan SEO, dan penanganan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *